Tony Wenas Apresiasi Petrokimia Gresik Gercep saat Smelter PTFI Terbakar

Kamis, 17 Okt 2024 10:36 WIB
Reporter :
Sahlul Fahmi
Mobil Bronto Skylift dan tim pemadam kebakaran PT Petrokimia Gresik berusaha memadamkan api di Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di KEK JIIPE Gresik. (Foto: Dok. Humas PT Petrokimia Gresik)

jatimnow.com - Tim pemadam kebakaran PT Petrokimia Gresik turut berjibaku memadamkan apik saat fasilitas Pemisahan Gas Bersih (Gas Cleaning Plant) Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di KEK JIIPE Gresik terbakar, Senin (14/10/2024) malam lalu.

Dalam insiden tersebut, Petrokimia Gresik, selaku Koordinator Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur gerak cepat (gercep) dengan mengirimkan 1 regu tim pemadam kebakaran dan mobil Bronto Skylift.

Tak hanya itu, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia tersebut juga mensiapsiagakan mobil ambulans yang ada Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG). Kemudian Instalasi Gawat Darurat (IGD), dan lainnya, meski pada akhirnya fasilitas ini tidak digunakan karena tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Baca juga: Kebakaran di Smelter Freeport Padam, PTFI Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

Berkat kerja sama bagus dan kompak tim pemadam kebakaran gabungan, termasuk tim pemadam kebakaran Petrokimia Gresik, kobaran api di Smelter PTFI bisa segera dipadamkan dan tidak menimbulkan koban jiwa.

"Ini merupakan bentuk sinergitas dan kesiapsiagaan seluruh stakeholder," kata Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo sekaligus Ketua Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur, Rabu (16/10/2024).

Baca juga: Smelter Freeport di KEK JIIPE Gresik Terbakar, Terdengar Suara Ledakan

Dwi Satriyo melanjutkan pengiriman mobil Bronto Skylift ini merupakan bentuk kepedulian Petrokimia Gresik, selaku Koordinator Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur terhadap kondisi sekitar, khususnya jika terjadi bencana. Mobil ini berkolaborasi dengan mobil pemadam milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

\

"Petrokimia Gresik mengirimkan mobil Pemadam Kebakaran Bronto Skylift. Mobil ini cukup modern dan mumpuni untuk berbagai medan. Mobil Bronto Skylift mampu memadamkan api di ketinggian 32 meter. Kebetulan kebakaran kemarin berada di posisi yang cukup tinggi," ujarnya.

Sementara Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas menyampaikan terima kasih atas dukungan tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Smelter Freeport, Pj Gubernur: Dongkrak Ekonomi Jatim

Melalui akun Youtube resmi PT Freeport Indonesia (@FreeportIndonesia) ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung PT Freeport Indonesia dalam memadamkan api kebakaran.

"Terima kasih terutama Pemerintah Kabupaten Gresik, Pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, segenap aparat keamanan dari Kodim dan Polres Gresik JIIPE , Petrokimia Gresik, Kawasan Industri Maspion dan seluruh pihak yang membantu kami," ujar Tony singkat.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Gresik

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler