Pj Gubernur Adhy Harap Bandara Dhoho Kediri Segera Layani Haji dan Umroh

Jumat, 18 Okt 2024 19:00 WIB
Reporter :
Yanuar Dedy
Peresmian Bandara Dhoho Kediri dan Groundbreaking Akses Jalan Tol. (Foto: Pemprov Jatim/jatimnow.com)

jatimnow.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meresmikan Bandara Dhoho Kediri, hari ini, Jumat (18/10/2024). Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono turut dalam acara yang sekaligus Groundbreaking Akses Jalan Tol tersebut.

Pj Gubernur Adhy mengungkapkan, bahwa Bandara Dhoho Kediri ini juga sedang dipersiapkan untuk melayani ibadah Haji dan Umroh dari Kediri langsung terbang ke Jeddah Arab Saudi.

Adhy memandang, prospek dari Bandara Dhoho Kediri sangat bagus karena dapat menangkap peluang penumpang atau jamaah masyarakat di area sekitar Kediri seperti Tulungagung, Blitar, sampai dengan Pacitan.

Baca juga: Luhut Resmikan Bandara Dhoho Kediri dan Groundbreaking Akses Jalan Tol

"Karena sudah masuk kategori Bandara Internasional dengan pesawat Boeing bisa masuk kesini, besar kemungkinan kita akan mengoptimalkan layanan ibadah Haji dan Umroh dari Kediri," sebutnya.

Dalam waktu dekat Pemprov Jatim akan segera mengkoordinir beberapa travel perjalanan ibadah Haji dan Umroh untuk melakukan penerbangan langsung dari Kediri menuju Tanah Suci.

"Kita akan secepatnya berkomunikasi dengan jajaran angkasa pura untuk melakukan penerbangan Haji dan Umroh dari Dhoho Kediri. Karena, Bulan Desember dan awal Januari 2025 banyak masyarakat melakukan perjalanan Umroh," sebutnya.

"Kita ingin menangkap peluang, Bandara Dhoho Kediri ini tidak hanya melayani penerbangan domestik tetapi juga penerbangan Internasional," tambahnya.

Sementara itu, Pj Gubernur meyampaikan rasa optimis bahwa keberadaan Bandara Dhoho Kediri akan menjadi pengungkit ekonomi baru sekaligus memperluas konektivitas antar wilayah atau daerah di Jawa Timur.

Baca juga: Mas Dhito Resmikan Jembatan Jongbiru Kediri

"Setelah melihat proyeksi dan rencana perkembangan Bandara Dhoho Kediri akan menjadi pengungkit ekonomi dan memperluas akses dan konektifitas dari dan menuju Kediri terlebih jika nanti Bandara ini melayani rute internasional ataupun melayani jemaah Umroh," jelasnya.

\

Ditambahkannya, bahwa peresmian ini menandai bahwa Bandara Dhoho Kediri telah menjadi primadona baru bagi warga Jawa Timur khususnya warga Kediri meskipun aktifitas penerbanganya sudah beroperasi sejak April 2024.

Bandara Dhoho Kediri saat ini masih  memiliki dua rute penerbangan, yakni Kediri-Jakarta dan Kediri-Balikpapan dan dilayani maskapai Citilink dan Super Jet.

Saat ini, Kapasitas Terminal 1,5 juta Pax / Tahun dimana Bandara Dhoho Kediri memiliki panjang Runway sepanjang 3.300 M dengan lebar 45 M dimana pesawat terbesar adalah Boeing 777-300 ER.

Baca juga: Rute Baru Kediri-Denpasar Segera Tersedia Melalui Bandara Dhoho

Selain peresmian Bandara Dhoho Kediri, Bandara kebanggaan warga Kediri ini juga akan tersambung dengan Jalan Tol Jawa.

Pj Gubernur mengungkapkan dengan tersambungnya Jalan Tol dengan Bandara akan memudahkan masyarakat atau penumpang ketika menuju ke Bandara Dhoho Kediri.

"Jalan Tol Akses Bandara Melayani Jalan Nasional dari/ke Bandara Dhoho Kediri dengan panjang sekitar 6,82 km," ungkapnya.

Pj. Gubernur menuturkan, Bandara Dhoho akan terhubung dengan akses jalan tol menuju Kota Kediri sehingga diharapkan dengan adanya akses jalan tol ini, jalur menuju bandar udara akan semakin mudah sehingga Bandara Udara Dhoho juga semakin berkembang.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Kediri

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler