Sosok Wamensesneg Bambang Eko di Mata Tetangga Jember, Pintar Sejak SD

Selasa, 22 Okt 2024 19:45 WIB
Reporter :
Sugianto
Sosok Bambang Eko Suharyanto asli Jember. (tangkapan layar)

jatimnow.com - Bambang Eko Suharyanto resmi menjabat sebagai Wakil Menteri Sekretaris Negara dalam Kabinet Merah Putih Prabowo - Gibran. Perwira Tinggi TNI AU asli Jember itu dikenal sebagai sosok yang sederhana. Dia juga dikenal sebagai pribadi yang cerdas sejak duduk di bangku SD.

Bambang Eko Surhayanto kecil tinggal di Desa Sumberjati, Kecamatan Silo Jember. Orang tuanya kini masih menetap di sana, di pinggir jalan raya, ujung timur Kabupaten Jember. 

Abdul Hadi, ketua RT setempat kepada wartawan menyampaikan rasa bangganya, ketika Bambang Eko Suharyanto diumumkan menjadi Wamensesneg, oleh Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024).

Baca juga: Profil Arifatul Choiri Fauzi, Menteri PPPA asal Madura: Kader Muslimat NU

"Saya bangga, bapak Totok meskipun tidak ada di kampung sini dan ada di Jakarta. Biasanya kalau kesini, hanya ke ibunya," kata pria yang sering dipanggil Pak Vian, Selasa (22/10/2024). 

Menurutnya, Bambang Eko Suharyanto tidak pernah menampakkan jabatannya dan selalu tampil biasa di depan masyarakat.

Baca juga: 53 Menteri Kabinet Merah Putih Era Prabowo-Gibran


"Pernah dua kali ketemu saya pakai sarung, saat saya tanya, malu katanya pakai seragam. Tidak mau dihormati memang, tidak mau menujukkan identitasnya" kata Pak Vian. 

\

Saat kecil, lanjut Pak RT, Bambang Eko Suharyanto jarang bermain dengan anak kampung, meski sekolahnya di SD tempat tinggalnya. Namun, dia terkenal pintar sejak kecil.

"Kalau sekolah SD di sini, kalau SMP dan SMA di kota, karena tidak ada disini. Memang (sekolah) disini dulu pinter, dan sering juara. Selain itu, keluarganya juga keturunan dari orang baik," bebernya. 

Baca juga: 64 Nama Ini Dikabarkan Duduk dalam Kabinet Prabowo-Gibran

Untuk diketahui, Bambang Eko Suhariyanto merupakan seorang perwira tinggi TNI Angkatan Laut. 

Dalam karier profesionalnya, Bambang Eko Suhariyanto menempati berbagai posisi strategis di TNI Angkutan Laut. Bambang yang menempuh pendidikan di dalam dan luar negeri ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Hukum Sekretariat Jenderal Kementrian Pertahanan (Karo Hukum Setjen Kemhan). Kemudian dilantik sebagai Staf Ahli Menteri Pertahanan Bidang Sosial pada 2018 lalu.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Jember

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler