Durian Rosulin Asli Blitar?

Jumat, 12 Okt 2018 07:26 WIB
Reporter :
Erwin Yohanes, CF Glorian
Warga mencicipi durian rosulin yang berdaging tebal

jatimnow.com - Durian sering disebut sebagai si raja buah. Mendengar namanya, sudah terbayang dibenak pecinta duren akan legitnya rasa yang dihasilkan.

Terlebih bila duren yang dinikmati memiliki tekstur daging yang tebal.

Di Kabupaten Blitar, ada durian jenis Rosulin yang menjadi primadona baru para pencinta raja buah. Durian ini merupakan hasil persilangan antara durian montong dan durian lokal.

Baca juga: 5 Resep Es Kekinian, Menyejukkan di Tengah Cuaca Panas Menyengat

Durian ini dikembangkan oleh Rosulin warga Desa Genengan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar.

Rosulin kemudian menamai durian itu seperti namanya. Persilangan dua jenis durian ini dilakukan sejak delapan belas tahun silam.

"Awalnya dulu dicoba sama yang namanya pak Sarjono. Hasilnya lumayan. Setelah itu coba saya kembangkan lagi, nah, baru tahun 1996 hasilnya mulai kelihatan dagingnya tebal dan beratnya bisa sampai sembilan kilogram," kata Rosulin, Rabu (10/10/2018).

Baca juga: 6 Resep Kudapan Berbahan Buah, Lezat dan Menyehatkan

Rosulin sendiri sehari-hari bekerja sebagai pembibit tanaman produktif. Di rumahnya, banyak dijumpai berbagai jenis pohon buah seperti alpukat, durian dan sawo.

\

Saat durian temuannya sudah menunjukkan hasil, ia pun menawarkan ke para tetangga. Minimnya sarana promosi pada dasawarsa sembilan puluhan, membuat rosulin dipasarkan dari mulut ke mulut.

Bila dilihat dari bentuknya, Durian Rosulin bertektur tebal layaknya durian montong. Rasa yang dihasilkan juga mampu membuat ketagihan. 

Baca juga: 3 Rekomendasi Kudapan Kekinian Pemanis Suasana Berlebaran, Berikut Resepnya

Berkat kegigihannya, Durian Rosulin kini mulai dikenal banyak orang. Bahkan, masyarakat desanya sudah mengolah durian ini sebagai produk unggulan Desa Genengan.

"Sekarang sudah banyak orang dari Kabupaten lain kaya Malang, Kediri pesan durian ini," ungkap pria berkumis itu.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler