Berbekal Keris, Dukun Palsu di Ngawi ini Gondol Uang Korbannya

Selasa, 16 Okt 2018 11:30 WIB
Reporter :
Mita Kusuma
Tersangka saat diamankan di Mapolsek Sine

jatimnow.com - Mengaku sebagai dukun sakti yang bisa mengobati segala macam penyakit, Basuki (56), warga Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini mengelabui para korban dan menggondol uangnya.

Petualangan Basuki sebagai dukun palsu berakhir di tangan polisi usai mengelabuhi korbannya Wiji Lestari (60) warga Desa Tulakan, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi.

Kapolsek Sine, AKP Slamet mengatakan, awalnya pelaku datang ke rumah korban hanya sebagai kenalan, pada Senin (8/10/2018) lalu. Entah bagaimana, korban menceritakan bahwa suaminya sakit.

"Dari situ pelaku merasa ada kesempatan. Apalagi pelaku memerlukan uang," tambah AkP Slamet.

Merasa ada kesempatan, lanjut Slamet, pelaku menjanjikan akan melakukan pengobatan dengan cara ritual. Namun ada syaratnya, yakni membeli alat untuk pengobatan.

"Korban percaya saja dan memberikan uang Rp 4,1 juta kepada tersangka," ujarnya.

Tidak sampai disitu, pelaku kembali datang pada Jumat (12/10/2018) lalu. Dalam kunjungan yang kedua, pelaku kembali meminta uang sebesar Rp 500 ribu.

"Totalnya jadi Rp 4.6 juta. Korban percaya-percaya saja. Apalagi pelaku berpenampilan menyakinkan. Layaknya dukun dengan membawa keris," ujarnya.

Ritual yang dilakukan oleh pelaku nampaknya tidak membawa hasil. Penyakit suami korban tidak kunjung membaik.

"Korban merasa ditipu," imbuhnya.

Mendapati laporan korban, petugas kepolisian bergerak mengamankan tersangka di rumahnya. Kepada petugas, pelaku mengakui semua perbuatannya.

"Pelaku kami kenai pasal 372 dan atau 378 KUHP," pungkasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Ngawi

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler