2.195 Unit Lampu PJU Sebentar Lagi Terangi 93 Ruas Jalan di Bojonegoro

Senin, 03 Okt 2022 15:14 WIB
Reporter :
Misbahul Munir
Kabid PJU dan Pemeliharaan Sarpras DPKPCK Bojonegoro, Sarifuddin (Foto: Ahmad for jatimnow.com)

jatimnow.com - 2.195 unit lampu penerangan jalan umum (PJU) akan dipasang di sejumlah ruas jalan yang ada di Bojongeoro, mulai jalan poros desa, kecamatan hingga kota. Pengadaaan ini menelan anggaran Rp25,825 miliar.

Kabid PJU dan Pemeliharaan Sarpras Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Cipta Karya (DPKPCK) Bojonegoro, Sarifuddin mengatakan, sesuai SK Bupati Bojonegoro Nomor: 188/246/KEP/412.013/2017 Tahun 2017 tentang penentuan ruas jalan menurut status sebagai jalan kabupaten, pada 2022 ada 2.195 titik lampu PJU yang akan dipasang di 93 ruas jalan, berdasarkan hasil survei tahun sebelumnya.

"Prioritasnya dilakukan di jalan-jalan strategis. Baik pemasangan baru dan pemeliharaan PJU, kami utamakan di lokasi strategis. Tersebar merata di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten ini," ujar Sarifuddin, Senin (3/9/2022).

Baca juga: Pj Bupati Bojonegoro Pastikan Stok dan Harga Sembako Aman Jelang Lebaran

Menurutnya, pemasangan lampu PJU akan dilakukan di jalan poros desa maupun kecamatan dan kota, dengan anggaran Rp25,825 miliar.

"Pemasangan titik baru PJU memang tiap tahun dilakukan oleh Pemkab Bojonegoro sekaligus melakukan pemeliharaan PJU. Anggaran bersumber dari dana APBD Tahun 2022," jelas dia.

Baca juga: Persibo Bojonegoro Dapat Bonus Rp200 Juta, Raih Juara Liga 3 Jatim

Sarifuddin menjelaskan, pengerjaan lampu PJU dimulai pada Mei hingga Oktober harus tuntas sesuai kontrak. Saat ini, progresnya sudah mencapai 85 persen.

\

Dia menambahkan, sejak 2017 hingga sekarang, lampu PJU sudah dilakukan di 18.309 titik. Pemasangan itu berjarak 50 meter dengan masing-masing lampu.

"Dari 93 ruas jalan, tinggal 15 ruas jalan masih proses pekerjaan. Dan target pada bulan Oktober tuntas," bebernya.

Baca juga: Hasil Lab Air Semburan di Sidomulyo Bojonegoro Bikin Warga Bernafas Lega

Lampu PJU itu ada yang menggunakan solar cell atau tenaga surya, tapi hanya di lokasi tertentu saja seperti di sepanjang Kecamatan Ngasem menuju lokasi wisata Khayangan Api. Dan daya masing-masing berbeda.

"Untuk ruas jalan yang menggunakan tenaga surya dengan daya 60 watt. Sedangkan kota dobel PJU daya 90 watt dan 65 watt untuk penerang trotoar," pungkasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Bojonegoro

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler