Penantian 12 Tahun Satpam di Sidoarjo Bisa Berangkat Haji Bareng Istri

Rabu, 22 Feb 2023 16:43 WIB
Reporter :
Zainul Fajar
M. Sholeh bersama dengan istrinya (Foto-foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)

jatimnow.com - Wajah M. Sholeh tampak semringah saat mendapat kabar dirinya bakal berangkat haji tahun ini bersama istrinya. Satpam Perumahan Puri Surya Jaya Gedangan, Sidoarjo itu telah menantinya 12 tahun.

Sholeh mengaku mendaftar haji sejak Tahun 2011. Gajinya sebagai satpam sejak Tahun 2003, disisihkan setiap bulan untuk membayar pelunasan haji dan keperluan sehari-hari.

Dengan menjalani hidup sederhana dan selalu berdoa, Sholeh dan istrinya akhirnya berhasil melunasi pembayaran haji pada Tahun 2020.

Baca juga: 1.543 CJH Bojonegoro Berangkat ke Tanah Suci Mulai 11 Mei

"Saya menabung dari 2011, setiap gajian saya serahkan ke istri saya. Makan seadanya yang penting saya sama istri cukup. Kebetulan anak-anak saya sudah mandiri, jadi saya tidak mau ngerepoti mereka," ungkap Sholeh saat ditemui di rumahnya Desa Karangbong, Kacamatan Gedangan, Rabu (22/2/2023).

Baca juga: Persiapkan Perjalanan Ibadah Haji dan Umrah Anda di Sini

Sholeh menjadi calon jamaah haji yang tidak perlu menambah ongkos haji yang telah ditetapkan pemerintah dan DPR sebesar Rp49,8 juta. Sebagaimana ketentuan yang berlaku, jamaah yang telah melunasi sejak Tahun 2020, tidak akan dikenakan biaya tambahan lagi untuk berangkat di Tahun 2023 ini.

\

"Sempat dengar kabar kenaikan harga ongkos naik haji. Saya sama istri bingung, tambahan uang dari mana lagi. Saya tiap hari cuman bisa berdoa: "Ya Allah takdirkan saya untuk berangkat haji bersama istri saya". Doa itu yang saya baca berulang-ulang," tuturnya menahan haru.

Baca juga: Kambing Seharga Rp25 Juta hingga Pelunasan Biaya Haji

Sholeh pun tidak kuasa menahan air mata saat menerima kabar bahwa ia bisa berangkat haji tahun ini.

Kini, Sholeh siap menjalani rukun Islam kelima dan berangkat menunaikan ibadah haji bersama ribuan jamaah lainnya dari seluruh Indonesia.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Sidoarjo

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler