Dampak Banjir di Prigen Pasuruan, Tanah Longsor dan Timpa Rumah

Minggu, 05 Mar 2023 10:47 WIB
Reporter :
Moch Rois
Pembersihan material pascabanjir di Prigen. (Foto: Polsek Prigen)

jatimnow.com - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan hingga menyebabkan banjir pada Sabtu (4/3/2023) kemarin, mengakibatkan tanah longsor serta rumah tertimpa material tanah.

"Akibat hujan deras kemarin ada 2 titik kejadian tanah longsor," jelas Kapolsek Prigen AKP Sugiyanto, Minggu (5/3/2023).

Sugiyanto menerangkan, titik longsor pertama berada di Jalan Raya depan Wisata Air Terjun Kakek bodo Kelurahan Pecalukan, sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca juga: BPBD Distribusikan Logistik untuk Warga Terdampak Banjir Pasuruan

Longsoran tanah yang terjadi setinggi sekitar 5 meter dengan ketebalan tanah longsor 3 meter dan panjang sekitar 3 meter.

Sementara untuk titik longsor ke dua berada di Dusun Lumbangboro timur, Desa Lumbangrejo, juga sekitar pukul 12.00 WIB. Untuk material tanah yang longsor tinggi sekitar 7 meter dengan ketebalan tanah longsor 4 meter dan panjangnya sekitar 8 meter.

Baca juga: Banjir di Pasuruan Makin Parah, 2 Warga Meninggal Dunia

"Longsor di Lumbangboro menimpa tembok 3 rumah. Untuk pencegahan longsor susulan, di TKP dipasang bilah bambu untuk penyangga sementara dan penutup terpal," ungkapmya.

\

Sugiyanto pun memperkirakan kerugian materil yang terjadi sekitar Rp50 juta.

Baca juga: Banjir Melanda Kabupaten Pasuruan, Sebagian Warga Mengungsi

"Untuk penanganan pascabencana. Masyatakat bersama polisi, TNI, BPBD dan relawan melakukan kerja bakti pembersihan material tanah longsor dan lumpur sisa banjir," tandasnya.



Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Pasuruan

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler