Pencuri Kotak Amal di Kediri Tepergok dalam Kamar Mandi Musala, Selanjutnya Ini yang Terjadi

Kamis, 25 Mei 2023 08:46 WIB
Reporter :
Yanuar Dedy
Pelaku saat diamankan polisi. (Foto: Polsek Ngasem/jatimnow.com)

jatimnow.com - Aksi pencurian kotak amal terjadi di Musala Al-Ikhlas, Jalan Pamenang Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Pelaku berinisial AS (24) dikepung warga bersama polisi di kamar mandi musala.

Saat ini pelaku warga Dusun Tepung Sari, Kelurahan Pulau Tujuh, Pamenang Barat, Merangin, Jambi diamankan di Polres Kediri.

Aksi pencurian ini diketahui oleh Ambang Fitrianto (52), takmir Musala Al-Ikhlas pada Selasa (23/5/2023) dinihari. Saat itu ia mendengar adanya suara sepeda motor yang sedang keliling di lingkungan Jalan Pamenang Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem. Karena curiga, Ambang kemudian keluar dari rumahnya menuju ke arah belakang atau Musala Al-Ikhlas.

Baca juga: Residivis Kasus Pencurian Tepergok Bobol Kotak Amal Masjid di Kediri

"Si takmir ini melihat kotak amal tidak ada di musala, tapi melihat di teras terdapat sepasang sandal gunung warna hitam," kata Kapolsek Ngasem Iptu Dyan Purwandi, Kamis (25/5/2023).

Dyan menyebut, takmir musala ini kemudian membangunkan anaknya Agung Purnomo (23) untuk menemani dalam memeriksa area musala.

Ketika dicek, ternyata kotak amal yang berisi uang tunai telah diambil dan dibawa oleh terduga pelaku ke kamar mandi. Selanjutnya, takmir musala bergegas untuk meminta bantuan kepada tetangganya.

"Jadi di dalam kamar mandi ini si pelaku tepergok sedang memasukkan uang tunai ke dalam tas warna hitam miliknya," tambahnya.

Baca juga: Dua Pria Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid di Kediri

Tak lama kemudian, anggota Unit Reskrim mendatangi musala dan mengamankan terduga pelaku di kamar mandi ketika membongkar kotak amal dan memasukkan uang.

\

Selain itu, juga mengamankan barang bukti berupa 1 kotak amal, 1 kunci gembok warna silver, 1 tang besar pemotong besi, 1 tang kecil, 1 kunci pas segitiga berukuran 8,10, dan 12.

Selanjutnya, sepasang sandal gunung, satu unit ponsel, satu tas ransel, dan uang tunai hasil curian Rp2.685.150.

Baca juga: Pencuri Satroni Musala di Kota Malang, Kuras Uang Kotak Amal Jutaan Rupiah

"Kepada petugas, pelaku AS ini mengaku bukan warga sini dan berasal dari Kelurahan Pulau Tujuh Kecamatan Pamenang Barat Kabupaten Merangin Provinsi Jambi," ungkap Kapolsek Ngasem.

"Saat ini pelaku dan barang bukti sudah kami amankan untuk proses penyidikan lebih lanjut," pungkasnya.

 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Kediri

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler