Mas Ipin Berpesan Pramuka untuk Terbiasa Jaga Lingkungan Hidup

Senin, 21 Agu 2023 18:29 WIB
Reporter :
Bramanta Pamungkas
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin saat menghadiri upacara apel Hari Pramuka. (Foto-foto: Dok Prokopim Trenggalek)

jatimnow.com - Menjadi pembina upacara saat Apel Besar Peringatan Hari Pramuka, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin berpesan kepada para anggota Pramuka untuk terbiasa menjaga lingkungan hidup.

Hal itu dapat dimulai dengan membiasakan peduli terhadap kebersihan lingkungan di sekitarnya. Fenomena global boiling yang terjadi saat ini membuat suhu udara mengalami kenaikan yang sangat ekstrem.

Menurut Bupati yang akrab disapa Mas Ipin ini, suhu udara yang panas menandakan kadar oksigen menipis. Hal ini disebabkan lapisan ozon yang semakin rusak akibat jumlah oksigen yang bercampur dengan karbon.

Baca juga: Uji Coba Makan Siang Bergizi, Bupati Trenggalek: Tidak Gratis Lho

Sementara karbon bisa diserap oleh tumbuhan dan fitoplankton. Sehingga ketika banyak sampah di sungai dan ikut mengalir ke laut, maka akan mempengaruhi ekosistem dari organisme yang ada di laut, termasuk fitoplankton yang menjadi salah satu sumber oksigen terbesar selain tumbuhan.

“Kita bersyukur, di Trenggalek yang hutannya masih 60 persen, diberi oleh Allah kehidupan yang cukup nyaman seperti ini, tapi tidak di negara-negara makanya kita harus berkontribusi salah satunya menekan pencemaran lingkungan,” ujarnya, Senin (21/8/2023).

Baca juga: Jelang Masa Kampanye, Pasangan Petahana Trenggalek Ajukan Cuti

\

Pada apel tersebut, Mas Ipin juga melantik anggota Pramuka Siaga Garuda Kwartir Ranting Pule.

Baca juga: Bupati Trenggalek Raih Tanda Kehormatan Satyalencana Wirakarya Koperasi dan UMKM

Mas Ipin mengapresiasi komitmen Kwarcab Gerakan Pramuka Trenggalek yang telah betul-betul hadir untuk masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan dibedahnya 20 rumah layak huni pada kegiatan Perkemahan Wirakarya yang juga mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Timur pada peringatan 62 tahun Hari Pramuka di Gedung Negara Grahadi beberapa waktu lalu.

"Saya berharap ini terus bisa dilakukan," pungkasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Trenggalek

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler