5 Langkah Mencegah Kejahatan Siber KBGO

Minggu, 12 Mei 2024 11:54 WIB
Reporter :
jatimnow.com
Ilustrasi. (dok jatimnow.com)

jatimnow.com - Kasus kekerasan berbasis gender online (KBGO) bisa menimpa siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Terpenting adalah langkah - langkah pencegahan sebelum kejadian ini menimpa diri kita atau orang-orang di sekitar kita.

Ni Wayan Widayanti Arioka dari SafeNet memberikan tips untuk mencegah kejahatan siber ini. Berikut langkah pencegahannya.

1. Kurangi Jejak Digital

Baca juga: Nomor WA Ketua DPC Gerindra Lamongan Dibajak, Modus Pinjam Rp10 Juta

Kebiasaan mengirimkan perkembangan karir, keluarga, relasi dan aktivitas melalui media sosial sebenarnya mempermudah orang lain untuk memanfaatkan jejak digital tersebut hingga menyalahgunakannya. Langkah mengurangi melakukan posting terhadap semua perkembangan kehidupan kita tentu dapat memperkecil kemungkinan orang untuk menyalahgunakannya.

2. Kendalikan yang Bisa Diakses

Dalam beberapa media sosial yang kita gunakan, kita diberi pilihan saat akan mengunggah sebuah foto atau video. Manfaatkan pilihan itu dengan bijaksana, agar tidak semua hal pribadi bisa diketahui warganet secara umum, sehingga rawan disalahgunakan.

Baca juga: Ransomware Serang PDN, Ini Pesan Pakar Keamanan Siber ITS Surabaya

3. Lindungi Aset dan Identitas

\

Simpan aset dan identitas pribadi yang kita miliki. Mulai tanggal lahir, nama anggota keluarga, alamat rumah, dan data pribadi lainnya, agar akun kita tidak mudah diretas orang lain.

4. Sembunyi dari Pelacakan

Baca juga: Serangan Digital Berbasis Gender Marak Terjadi, Warganet Harus Waspada!

Kebiasaan mengabarkan apa yang dilakukan secara detail secara waktu dan lokasi dan memposting ke media sosial mempermudah orang untuk mengetahui apa saja yang kita lakukan dan melacaknya. Pengetahuan secara detail mengenai diri kita juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan penipuan atau kejahatan lainnya.

5. Pilih Program atau Aplikasi yang Lebih Aman

Saat ini pun cukup banyak program atau aplikasi yang relatif lebih aman yang bisa dipilih. Ada beberapa aplikasi chat dipandang lebih aman karena penggunanya belum terlalu banyak, dan tidak terkoneksi dengan aplikasi lainnya secara langsung.
Misalnya, Signal yang tidak menampilkan nomor telpon pengguna.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler