Demonstrasi Anarkis, Polisi Selamatkan Ketua KPU Jember

Jumat, 19 Jul 2024 09:05 WIB
Reporter :
Sugianto
Simulasi kerawanan Pilkada oleh Polres Jember. (Foto-foto: Diskominfo Jember)

jatimnow.com - Demonstrasi yang dilakukan akhirnya anarkis. Keselematan KPU Jember pun terancam. Beruntung ratusan petugas dengan sikap mengambil tindakan penyelamatan.

Ya, itu adalah simulasi pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Jember. Simulasi tersebut dilaksanakan di halaman Jember Sport Garden (JSG), disaksikan Forkopimda Kabupaten Jember, Kamis (18/7/2024).

"Kita sudah bisa menyelesaikan kegiatan Sispamkota yang kita laksanakan nanti beberapa bulan kedepan. Tentunya kegiatan ini akan kita laksanakan," kata Wakapolres Jember, Kompol Jimmy Heryanto Hasioholan Manurung.

Baca juga: Bapaslon Pilkada Jember Lolos Syarat Vermin, KPU Minta Masyarakat Tanggapi

Diterangkan, ada 850 personel yang diikutsertakan dalam simulasi. Fokus pengamanan ini sebelum dan sesudah Pilkada. Sengaja dalam simulasi menggambarkan hal terburuk, karena memang dipersiapkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Wakil Bupati Jember KH. Muhamad Balya Firjaun Barlaman yang menyaksikan langsung simulasi menyampaikan, jika dari awal hingga akhir ada kesiapan dari kepolisian.

Baca juga: Bapaslon Pilbup Jember Jalani 30 Item Pemeriksaan Kesehatan

"Antara kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, sampai terburuk sekalipun ada satu hal yang sangat berkesan bagi saya, yaitu pendekatan persuasif dengan asmaul husna," akunya.

\

Menurut Wabup, ini satu hal yang belum dilakukan Polres yang lain. Firjaun memberikan apresiasi sedalam-dalamnya kepada polisi, terkait dengan pendekatan persuasif.

Baca juga: KPU Jember Kembalikan Berkas 2 Bapaslon, Perbaikan Ditunggu Besok

"Karena ketika hati dan pikiran panas, dengan asmaul husna saya yakin tanpa water cannon ini bisa mendinginkan suasana," ucapnya.

"Kami harap, masyarakat Jember juga mendukung adanya keamanan saat Pilkada serentak 27 November 2024," pintanya.

Terlihat dalam adegan simulasi, petugas dari kepolisian berupaya mengamankan Ketua KPU yang hendak terancam keselamatanya oleh para demonstran.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Jember

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler