Pengelolaan Sampah IKN Akan Terapkan Eco Lindi Buatan Sidoarjo

Minggu, 28 Jul 2024 13:43 WIB
Reporter :
Ahaddiini HM
Direktur Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) saat kunjungi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Jabon Sidoarjo. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com).

jatimnow.com - Direktur Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), mengunjungi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah di Jabon Sidoarjo, Minggu (28/7/2024).

Mereka tertarik dengan formula Eco Lindi yang digunakan di TPA Jabon sebagai pencegah bau di TPA Jabon, dan berencana menerapkan eco lindi di IKN.

Direktur Lingkungan Hidup dan Bencana Otorita IKN, Onesimus Patiung menyampaikan, tujuan kunjungan tersebut adalah menyaksikan secara langsung pengelolaan sampah di TPA Griyo Mulyo di Kecamatan Jabon, Sidoarjo. Pengelolaan tersebut nantinya akan diterapkan di IKN.

Baca juga: Bupati Mojokerto Ajak Kelola Sampah Dimulai dari Rumah Tangga, Ini Alasannya

"Terdapat teknologi pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan bau. Yang menggunakannya cairan Eco Lindi yang hanya ada di TPA Kabupaten Sidoarjo,” ucapnya.

Ia melanjutkan, cairan Eco Lindi yang dihasilkan dari proses kimiawi cairan lindi sampah bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau sampah.

Onesimus sangat mengapresiasi pengelolaan sampah di TPA Jabon. Tidak seperti TPA pada umumnya, di tempat tersebut, hampir tidak ada lalat dan tanpa bau. Maka dari itu, terobosan eco lindi bakal diterapkan di IKN.

Baca juga: Kenalkan e-Bin, Tempat Sampah dengan Sensor Monitoring Buatan Arek Malang

"Selain tidak menimbulkan bau, di TPA ini tidak tampak adanya lalat, biasanya lokasi sampah itu identik dengan lalat. Dalam penanganan sampah di IKN nantinya akan kami terapkan dengan menggunakan Eco Lindi," imbuhnya.

\

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo, Bahrul Amiq menyampaikan pengelolaan sampah seringkali mendapatkan banyak tantangan dari masyarakat karena baunya yang mengganggu. Pihaknya siap memfasilitasi jika nanti cairan Eco Lindi ini diterapkan dalam pengelolaan sampah di IKN.

"Namun jika dari awal kita mampu mengelola sampah tidak menimbulkan bau. Maka konsep pengembangan pengelolaan sampahnya, dengan Eco Lindi mungkin bisa menghilangkan bau sampah," tegasnya.

Baca juga: Studi Tiru ke Yogjakarta, Pemkot Mojokerto Ajak Warga Pilah Sampah Rumah Tangga

Amiq sangat bersyukur terobosan Eco Lindi buatannya diapresiasi oleh Direktur Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana dari Otorita IKN. Ia berharap Eco Lindi bermanfaat untuk Indonesia.

"Kami menghargai apresiasi dari Direktur Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana dari Otorita IKN. Memfaktakan sendiri tentang eksisting di TPA Griyo Mulyo di Jabon. Dan semoga Eco Lindi bermanfaat untuk Indonesia," pungkasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Sidoarjo

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler