Kurangi Pengangguran, Pemkab Jember Buka Ribuan Lowongan Kerja

Rabu, 31 Jul 2024 08:15 WIB
Reporter :
Sugianto
Pemkab Jember gelar Job Market Fair di Gedung Serba Guna (Foto: Sugianto/jatimnow.com) 

jatimnow.com - Untuk mengurangi pengangguran, Pemerintah Kabupaten Jember menggelar Job Market Fair. Pihaknya menyediakan ribuan lowongan pekerjaan dari berbagai profesi. 

Job Market Fair ini diselenggarakan di Gedung Balai Serba Guna Kaliwates, Selasa (30/7/2024). Ada 51 perusahaan, baik lokal maupun nasional membuka lowongan kerja di acara ini.

“Job Market Fair ini, bagian dari upaya pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Jember," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jember, Suprihandoko, Selasa (30/7/2024)

Baca juga: Ngontel Bareng Bupati Cup 2024 Tempuh 45 Km, Kampung Londo-Kota Jember

Lebih lanjut, Suprihandoko menyatakan, kegiatan semacam ini akan dilakukan setiap tahun. Mengingat di Jember, setiap tahun angka lulusan dari SMA sederajat jumlahnya mencapai ribuan. Dalam acara ini pelamar mencapai 1.924. 

"Pada acara Job Market Fair kali ini, kami menggunakan tagline Wes Wayahe Pengangguran Jember berkurang," tambahnya.

Baca juga: Bupati Hendy Siswanto Resmikan Wisata Kampung Belgia Jember

Selain Job Market Fair, Disnaker Jember juga memberikan pelatihan kompetensi untuk calon wirausaha. Tahun ini, sudah ada 460 wirausaha mendapatkan pelatihan.

\

"Upaya kami dalam mengurangi angka pengangguran, tidak hanya melalui acara JMF saja, tapi kami juga menggandeng LPK (Lembaga Pelatihan Kerja)," akunya. 

Baca juga: Cegah Jalan Rusak, Pemkab Jember akan Tindak Tegas Kendaraan Odol

"Yang mana untuk memberikan pelatihan kompeten. Di tahun ini saja sudah ada 460 wirausahawan baru yang sudah mendapat pelatihan dari kami," sambungnya.

Untuk tahun 2023, Disnaker Jember telah menempatkan 4.087 tenaga kerja. Dari itu, Suprihandoko berharap pengangguran di Jember berkurang dan penempatan kerja terus meningkat. 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Jember

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler