Tanam Mangrove, Mekabox Gandeng Bruin Ajak Warga Surabaya Peduli Lingkungan

Minggu, 25 Agu 2024 11:09 WIB
Reporter :
Misbahul Munir
Kegiatan bersih-bersih dan penanaman Mangrove di Kawasan Hutan Mangrove Wonorejo (dok Humas Mekabox Internasional for jatimnow.com)

jatimnow.com - PT Mekabox Internasional bekerja sama dengan Badan Riset Urusan Sungai Nusantara (BRUIN) Surabaya menyelenggarakan kegiatan penanaman ratusan pohon Mangrove di kawasan Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya.

Kegiatan bertajuk Merdeka Untuk Mangrove Surabaya ini merupakan bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia serta wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Restorasi Kawasan Mangrove untuk Pantai Timur Surabaya ini diawali dengan melakukan clean up di 5 titik lokasi, di area konservasi Wonorejo Surabaya.

Baca juga: Acer Tanam Ribuan Mangrove di Surabaya, Taglinenya SayangBumi

Manager HRD-GA PT. Mekabox International Jarot Hendro Sucahyo mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata PT Mekabox Internasional untuk melestarikan lingkungan dan juga mengurangi erosi di kawasan pesisir, serta membuat green belt sebagai upaya pencegahan abrasi di Kota Surabaya.

“Alhamdulillah, ini merupakan salah satu program perusahaan untuk menjaga kelestarian alam. Karena dengan kegiatan hari ini, manfaatnya dapat dirasakan jangka panjang,” ujarnya, Minggu (25/8/2024).

Dilaksanakannya penanaman tanaman bakau kali ini, Hendro berharap dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat akan upaya menjaga melestarikan lingkungan yang berkelanjutan.

Baca juga: Pelindo Tanam 20.000 Bibit Mangrove di Desa Bancaran Bangkalan

“Kehidupan perlu udara yang sehat ini akan diberikan kepada anak cucu kita. Terimakasih akan partisipasinya kepada semua lembaga, semoga ini dapat menjadi berkah bagi kita semua,” jelasnya.

\

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan dan Pemberdayaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya M Rokim memberikan apresiasi kepada seluruh instansi dan organisasi yang mengikuti kegiatan ini,

Kata dia, dengan melestarilan lingkungan bakau dengan begitu dapat mengurangi dampak pemanasan global. Terlebih, kelestarian alam memiliki berdampak yang signifikan dalam penyerapan karbondioksida yang dihasilkan dari berbagai kendaraan bermotor diwilayah perkotaan, tak terkecuali Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia.

Baca juga: Ansor Probolinggo Tanam Mangrove di Pantai Kampung Pelangi

“Hingga saat ini, untuk jumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Surabaya sudah mencapai 22 persen dari total luas wilayah. Semoga dengan penanaman kalo ini, seluruh tanaman bakau yang kita tanam dapat tumbuh dengan baik dan bermanfaat tidak hanya untuk masyarakat Surabaya melainkan untuk Indonesia,” jelasnya.

Menambahkan, Direktur Eksekutif BRUIN Aziz, menjelaskan kegiatan clean up dan penanaman mangrove ini sengaja dilakukan bertepatan dengan peringatan HUT RI yang Ke – 79. Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai momentum untuk memerdekakan kawasan pesisir dari sampah plastik yang masih menjadi PR (Pekerjaan Rumah) nasional.

“Kondisi Mangrove di kawasan Wonorejo yang semakin hari kondisinya semakin memprihatinkan. Kondisi tersebut disebabkan oleh sampah plastik yang semakin menumpuk di kawasan mangrove. Sampah plastik menjadi persoalan utama dan seakan - akan menjadi sosok penjajah yang merampas kebebasan ekosistem mangrove di Wonorejo, " tutupnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler