KPU Bangkalan Tetapkan DPT Pilkada 2024, yang Belum Masuk Bisa Lapor

Sabtu, 21 Sep 2024 13:00 WIB
Reporter :
Fathor Rahman
Penetapan DPT oleh KPU Bangkalan. (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)

jatimnow.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangkalan menggelar rapat pleno terbuka dalam rangka penetapan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024. Sebanyak 764.886 pemilih telah resmi masuk DPT.

“Untuk Kabupaten Bangkalan telah resmi ditetapkan sebanyak 764.886 pemilih untuk DPT Pilkada 2024,” ujar Komisioner KPU Bangkalan, Sairil Munir, Sabtu (21/9/2024).

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Bangkalan itu mengatakan penetapan DPT ini mencakup 281 desa/kelurahan, meliputi 18 kecamatan se-Kabupaten Bangkalan. Untuk Jumlah TPSnya sebanyak 1.473 tempat.

Baca juga: Ketua DPC Gerindra Dukung Lukman - Fauzan Meski Tak Hadir di KPU Bangkalan

Penetapan DPT ini dilakukan tanpa adanya tanggapan atau saran perbaikan dari pihak manapun, yang menunjukkan bahwa data yang telah disusun dianggap valid dan final.

Baca juga: Mathur - Jayus Daftar ke KPU Bangkalan, Ada Upaya Gagalkan Rekom

KPU Bangkalan berharap bahwa penetapan ini akan berjalan lancar tanpa adanya perubahan atau penambahan pemilih di kemudian hari.

\

Namun, KPU Bangkalan tetap membuka kesempatan bagi masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT untuk segera melaporkan diri ke petugas ad-hoc di lapangan, seperti Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), atau langsung ke kantor KPU.

Baca juga: Diusung 12 Partai Besar, Lukman-Fauzan Longmarch ke KPU Bangkalan

“Nanti akan kita tempel di setiap desa sehingga nanti masyarakat bisa mengecek juga namanya sudah masuk atau belum,” katanya.

KPU berharap proses ini berjalan dengan baik dan masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam pengecekan DPT. Dengan jumlah pemilih yang sudah ditetapkan, diharapkan validitas data ini tidak lagi dipermasalahkan, sehingga tahapan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar dan transparan.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Bangkalan

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler