Kang Giri Target Angka Pengangguran Terbuka Ponorogo Turun 3 Persen

Minggu, 22 Sep 2024 17:11 WIB
Reporter :
Ahmad Fauzani
Kang Giri saat mengunjungi Job Fair Ponorogo. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com - Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Ponorogo pada tahun 2023 tercatat sebesar 4,7 persen, setara dengan 27 ribu warga yang belum memiliki pekerjaan.

Meski demikian, angka ini menunjukkan penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 5,51 persen.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, atau yang akrab disapa Kang Giri, menargetkan angka pengangguran di Bumi Reog akan terus menurun hingga mencapai 3 persen pada tahun depan.

Baca juga: Pengangguran Meningkat, Ini Jurus Gus Fawait Perbaiki Perekonomian Jember

“Angkanya sekarang 4,7 persen, dengan sekitar 27 ribu orang siap bekerja. Mereka berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, mulai dari SMA hingga sarjana. Tahun depan, target kita turunkan menjadi 3 persen,” ungkap Kang Giri, Minggu (22/9/2024).

Berbagai langkah telah dilakukan oleh Pemkab Ponorogo untuk menekan angka pengangguran, salah satunya adalah dengan menggelar job fair yang berlangsung dari Jumat (20/9/2024) hingga Sabtu (21/9/2024).

"Kami menargetkan di bawah 3 persen, dan untuk mencapai itu tentu ada formula khusus yang akan kami rumuskan. Salah satunya adalah melalui job fair ini, selain itu kami juga punya Balai Latihan Kerja (BLK). Mimpi besar kami adalah pada tahun depan angka pengangguran terbuka di Ponorogo bisa di bawah 3 persen," tambah Kang Giri.

Baca juga: Banyak Gen-Z Kota Malang Menganggur Gegara Tolak Kerja di Luar Kota

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, menyebutkan bahwa angka pengangguran terbuka nasional saat ini mencapai 4,82 persen. Dengan demikian, Kabupaten Ponorogo berada sedikit di bawah rata-rata nasional dengan TPT sebesar 4,7 persen.

\

"Perbedaan 0,12 persen ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi. Tugas kita adalah bagaimana menekan angka pengangguran terbuka hingga di bawah rata-rata nasional, dan salah satunya adalah melalui kegiatan seperti job fair ini," ujar Anwar Sanusi.

Sebelumnya, ribuan pencari kerja memadati job fair yang diadakan di Ponorogo City Center (PCC) pada Jumat (20/9/2024) pagi. Job fair ini merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Ponorogo dan Kementerian Ketenagakerjaan, dengan melibatkan 40 perusahaan.

Baca juga: Sarjana Pengangguran di Kota Malang Ditangkap Polisi, Edarkan Ganja 2 Kilogram

Terdapat 115 jenis jabatan dengan total 2.790 lowongan kerja yang tersedia, baik untuk dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa perusahaan bahkan langsung mengadakan tes di lokasi.

Dengan adanya job fair ini, diharapkan dapat menyerap 2.790 tenaga kerja dan membantu mengurangi angka pengangguran terbuka di Ponorogo.

 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Ponorogo

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler