Kakanwil Kemenkumham Jatim Komitmen Berikan Pelayanan Imigrasi Terbaik

Sabtu, 28 Sep 2024 20:00 WIB
Reporter :
jatimnow.com
Kunjungan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Bandara Internasional Juanda. (Foto: Humas Kemenkumham Jatim)

jatimnow.com – Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, melakukan kunjungan kerja ke Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Bandara Internasional Juanda, Sabtu (28/9/2024). Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono yang mendampingi menegaskan komitmen jajarannya dalam memberikan pelayanan keimigrasian yang terbaik.

Setibanya di Terminal 2 Bandara nternasional Juanda, Menteri Hukum dan HAM langsung bergerak meninjau area keberangkatan hingga kedatangan.

Heni melaporkan bahwa Bandara Internasional Juanda saat ini sedang melakukan penataan ulang untuk mengoptimalisasi pelayanan yang ada. Untuk itu, sebagai salah satu mitra kerja, Kanwil Kemenkumham Jatim mendorong Kantor Imigrasi Surabaya untuk pro aktif dalam setiap proses yang ada.

Baca juga: Pemohon Pelindungan KI di Jatim Meningkat Signifikan 2023 - 2024

"Kami juga berkontribusi dengan mendorong penggunaan gerbang otomatis atau autogate pemeriksaan keimigrasian, sehingga Bandara Juanda bisa selevel dengan Bandara Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai," ujar Heni.

Heni menjelaskan jumlah personel dan kapasitas layanan imigrasi, termasuk 22 konter pemeriksaan di terminal keberangkatan dan kedatangan serta rencana penambahan 28 unit autogate.

Dengan rata-rata perlintasan harian sekitar 3.000 penumpang untuk keberangkatan dan 4.000 penumpang, Heni mengatakan, untuk kedatangan, slot waktu tersibuk terjadi pada pukul 09.00 dan 18.00 setiap hari.

"Kami harap, layanan terbaik yang kami berikan dapat berkontribusi terhadap peningkatan dan kemajuan ekonomi Jawa Timur," ujar Heni.

Baca juga: Dorong Kesadaran KI untuk Pelajar, Kemenkumham Jatim Gelar DJKI Mengajar

Pasca Pandemi, Heni menjelaskan bahwa Bandara Juanda terus mengalami peningkatan jumlah penumpang Inetrnasional. Hal ini berimbas positif terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Juanda yang telah mencapai Rp33,1 miliar selama 2024 ini.

\

"Paling banyak dari pembayaran Visa on Arrival (VoA) yang mencapai Rp31,8 miliar, sisanya berasal dari denda alat angkut serta denda overstay yang mencapai 1,28 miliar rupiah," urai Heni.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya Ramdhani memberikan penjelasan mengenai operasional TPI Juanda. Saat ini, beberapa maskapai internasional yang melayani rute dari dan ke Juanda.

"Antara lain Cathay Pacific, Malaysia Airlines, AirAsia, dan Garuda Indonesia. Rute populer meliputi Kuala Lumpur, Singapura, Brunei, dan Hong Kong," jelas Ramdhani.

Baca juga: BHP Goes To Campus Kunjungi Universitas Airlangga Surabaya

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Supratman juga meninjau Ruang Passenger Analysis Unit (PAU) dan memeriksa rencana pengembangan area imigrasi khusus untuk keberangkatan umrah. Dia menekankan pentingnya pelayanan yang baik dan sesuai prosedur standar operasional (SOP), serta menghindari penyalahgunaan wewenang yang dapat menimbulkan keluhan dari masyarakat.

"Bekerjalah dengan baik, sesuai dengan SOP dan tidak menyalahgunakan wewenang," pesan Andi kepada jajarannya.

Dalam rombongan tersebut, hadir pula pimpinan tinggi pratama di Kemenkumham seperti Karo Umum Asep Sutandar, Kadv Admnstrasi Saefur Rochim, Kadiv Keimgrasian Herdaus dan Kadiv Pemasyarakatan Heri Azhari beserta kepala UPT eselon II.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler