Kisah Inspiratif Aries Photo, Fotografer dan Konten Kreator asal Ponorogo

Kamis, 03 Okt 2024 17:35 WIB
Reporter :
Ahmad Fauzani
Aries Setyawan saat memotret di studionya. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com – Bagi pecinta fotografi di Ponorogo, nama Aries Photo mungkin sudah tidak asing lagi. Di balik namanya yang kini berseliweran di Fyp TikTok itu, ternyata menyimpan cerita inspiratif yang luar biasa. 

Adalah Aries Setyawan, pria berusia 34 tahun asal Bumi Reog yang berada di belakang video-video kreatif Aries Photo. Berawal dari hobi fotografi, kini dia sukses menjadi konten kreator dengan pengikut hampir setengah juta. Cuan mengalir deras dari dua bidang yang ia jalani itu.

Aries, yang memiliki latar belakang sebagai sarjana pendidikan, tak pernah menyangka bahwa hobi memotret yang ia tekuni sejak kuliah bisa berkembang pesat. 

Baca juga: Pameran Tunggal di Surabaya, Alin Sajikan Karya Foto Pinhole Hingga Smartphone

Meski awalnya hanya menggunakan ponsel, ketertarikan Aries terhadap dunia fotografi semakin besar. Pada tahun 2008, dia mulai memotret berbagai objek dengan ponselnya, lalu beralih ke kamera digital. Saat itu ia nekat membeli DSLR untuk pertama kalinya dengan cara kredit.

“Kemudian saya mulai mencicil kamera pertama, Nikon jadul. Saya mulai belajar fotografi dengan memotret hal-hal sederhana seperti human interest, landscape, dan hewan,” ujar Aries saat ditemui di studionya, Ariess Photo Studio, Kamis (3/10/2024).

Namun, titik balik dalam kariernya terjadi ketika seorang teman meminta Aries untuk memotret orang. Dari situ, Aries mulai mendapatkan banyak permintaan dan memutuskan untuk membuka studio foto. 

Meski demikian, perjalanan Aries tidak selalu mudah. Persaingan yang ketat membuatnya harus terus berinovasi.

Baca juga: Menikmati Astrophotography Karya Arik S. Wartono di Katirin Art House

Aries kemudian merambah dunia konten kreator. Ia mulai membuat konten kreatif di berbagai platform media sosial, seperti TikTok, yang membawa dirinya menjangkau pasar yang lebih luas. 

\

“Tukang foto itu banyak, tapi yang membedakan saya adalah fokus saya pada dunia konten kreator," jelasnya.

Dengan menjadi konten kreator, Aries mampu menciptakan peluang lebih besar di banding hanya mengandalkan fotografi pernikahan atau prewedding. 

“Kalau hanya wedding, target kita terbatas. Sedangkan konten kreator bisa menjangkau siapa saja," tambahnya.

Baca juga: UKM Metafora, Target Renovasi 2000 Warung, Ambisi Djanur

Kini, selain tetap menjalankan Ariess Photo Studio, Aries aktif di media sosial dengan konten-konten yang sering masuk beranda TikTok. Tantangan terbesarnya adalah menjaga kualitas konten dan terus mengikuti perkembangan algoritma media sosial, meskipun kadang harus tetap produktif saat sedang sakit.

“Capek nggak capek, tetap harus bikin konten setiap hari,” ungkapnya. Namun, dengan segala perjuangannya, Aries mengaku puas karena bukan hanya meraup cuan, tetapi juga berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

“Yang jelas menghasilkan karena punya pekerja juga. Dapat cuan, dapat istri juga,” kelakar Aries.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Ponorogo

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler