Pixel Codejatimnow.com

Pameran Tunggal di Surabaya, Alin Sajikan Karya Foto Pinhole Hingga Smartphone

Editor : Yanuar D  Reporter : Sahlul Fahmi
Alin di depan karya fotonya yang dibuat dengan kamera pinhole berjudul "Excalator" yang dipamerkan di Galeri Merah Putih Balai Pemuda Surabaya. (Foto: Sanggar Daun/jatimnow.com)
Alin di depan karya fotonya yang dibuat dengan kamera pinhole berjudul "Excalator" yang dipamerkan di Galeri Merah Putih Balai Pemuda Surabaya. (Foto: Sanggar Daun/jatimnow.com)

jatimnow.com - Seniman muda Sanggar Daun terus bermunculan menampilkan karya-karyanya di Galeri Merah Putih, Balai Pemuda Surabaya. Terkini adalah Alin, seniman berusia 16 tahun itu menggelar pameran tunggal fotografi, pada 19-24 Mei 2024.

Di pameran tunggalnya ini Alin memajang 15 karya fotografi yang terbagi dalam 7 karya fotografi pinhole (lubang jarum) yang dibuat antara tahun 2023-2024. Sedang 8 karya fotografi lainnya bertema traveling yang diambil menggunakan kamera smartphone dan digital dalam kurun waktu 2021 hingga 2024.

Karya-karya ciamik Alin tersebut disajikan dalam cetak kertas foto berukuran 90x60 sentimeter dengan bpigura mininalis. Sedang 1 karya foto ada yang dicetak di atas kanvas sintetis berukuran 90x60 sentimeter.

Arik S. Wartono, pendiri Sanggar Daun sekaligus kurator pameran menjelaskan, catatan penting dalam pameran ini adalah hadirnya 7 karya fotografi kamera lubang jarum (pinhole) dalam sebuah pameran tunggal fotografi.

Ia juga menyebut dalam catatan arsip Indonesian Pinhole, sampai hari ini memang belum ada satu pun fotografer Indonesia yang menggelar pameran tunggal fotografi yang khusus menampilkan karya-karya foto pinhole.

"Atas dasar tersebut pemeran Alin menjadi pameran tunggal foto pinhole usia anak yang pertama di Indonesia bahkan mungkin di dunia. Meski sekalipun dalam pameran ini karya foto yang dipajang tidak seluruhnya merupakan karya foto pinhole," kata Arik S. Wartono, di acara pembukaan pameran Alin, Minggu (19/5/2024).

Dalam karya foto pinhole yang dipamerkan Alin menyajikan visual-visual mengejutkan karena diciptakan dengan teknik yang tidak biasa seperti pada karya berjudul "Excalator" yang dibuat Alin pada akhir April 2024.

Pada karya ini, Alin memotret Basement Balai Pemuda Surabaya menggunakan kamera lubang jarum (pinhole) yang terbuat dari kayu tripleks yang dibuat oleh Akbar pada tahun 2022.

"Saat memotret, Alin menggunakan film negatif merek Fuji color ISO 200. Kemdian kamera kayu triplek tersebut ditaruh di lantai ekskalator yang berjalan naik. Sementara eksposure yang dipilih yakni 20 detik dengan pencahayaan alami matahari siang hari.

Baca juga:
PMI Tewas, Forwas Gelar Pameran Polisi Dicakar

"Hasil akhirnya cukup amazing, ruangan semi out door tersebut menjadi seperti sebuah panggung konser dengan lighting laser," ungkapnya.

Arik menjelaskan, pameran tunggal fotografi Alin ini juga menjadi rangkaian peringatan World Wide Pinhole Photography Day 2024 yang digelar di Galeri Merah Putih, Balai Pemuda Surabaya tanggal 27 April hingga 2 Mei 2024 lalu.

"Pameran tunggal fotografi Alin ini juga untuk merayakan Bulan Menggambar Nasional 2024 karena secara epistemologi fotografi adalah menggambar dengan cahaya. Selain itu pameran ini juga sebagai penanda perayaan 20 tahun Sanggar Daun, tempat dimana Alin belajar seni rupa, khususnya fotografi," jelas lulusan Seni Rupa Unesa Surabaya ini. 

Dalam rekam jejaknya berkarya, sejak tahun 2021, Alin telah 12 kali berpameran fotografi dan karya seni rupa yang berkaitan dengan karya foto, di dalam dan luar negeri. Salah satunya adalah pameran NJ Pinhole Club ''Worldwide Pinhole Photography Day 2023' pada April 2023 di Philadelphia, USA.

Baca juga:
Forwas Gelar Pameran Foto di Sidoarjo: Meriahnya Agustusan 2023

"Sebagai fotografer yang baru berusia 16 tahun, tentu hal ini menjadi catatan yang luar biasa. Rasanya tidak berlebihan jika dunia fotografi lubang jarum (pinhole) Indonesia menyambutnya dengan bahagia dengan kehadiran bibit baru potensial fotografer nasional seperti Alin," pungkas Arik.

Arik menambahkan, satu lagi pameran yang juga menjadi rangkaian event tersebut adalah pameran 12 karya para maestro dan aktivis fotografi kamera lubang jarum (pinhole) Indonesia di ARTS.ID Jalan Lombok No. 10 Surabaya. Pameran ini dibuka sejak 28 April 2024 dan akan berakhir 27 Juni 2024.

Selain itu nanti pada November 2024 juga akan digelar Festival Pinhole Internasional di Surabaya. Event ini patut ditunggu karena selain akan menjadi ajang pameran fotografi kamera lubang jarum (pinhole) karya para kreator pinhole dari seluruh dunia.

"Proses seleksinya secara open call. Dalam event tersebut ada juga pameran arsip Indonesian Pinhole serta pameran tunggal maestro Pinhole Indonesia. Seru pokoknya," pungkas Arik.