Kunjungi Trenggalek, Emil Dardak Beri Bantuan Air Bersih

Kamis, 03 Okt 2024 20:20 WIB
Reporter :
Bramanta Pamungkas
Cawagub Jatim nomor urut 2, Emil Elestianto Dardak saat memberi bantuan air bersih. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

jatimnow.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Emil Elestianto Dardak memberikan bantuan air bersih kepada warga terdampak bencana kekeringan di Desa Bendoagung, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Kamis (3/10/2024).

Emil mengaku sudah tidak asing dengan bencana kekeringan di wilayah Trenggalek. Hal ini karena Emil pernah menjabat sebagai bupati di wilayah ini.

Puluhan warga sudah menyiapkan jeriken, galon dan ember untuk mendapatkan bantuan air bersih. Setiap warga mengantre untuk mendapatkan bantuan air bersih guna kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Mengenal Gus Hans, Mantan Jubir Khofifah yang Duet dengan Risma di Pilgub Jatim

“Penyaluran bantuan air bersih ini bukan pertama kali saya lakukan. Karena dulu ketika menjadi Bupati Trenggalek sudah menjadi kebiasaan," ujarnya.

Baca juga: Komitmen Khofifah-Emil di Hadapan Kader PKS se-Jatim

Emil mengetahui secara pasti daerah-daerah di Trenggalek yang menjadi langganan bencana kekeringan saat musim kemarau tiba. Khususnya, daerah pegunungan yang sulit mengakses air bersih.

\

“Maka dari itu, penyaluran air bersih harus rutin dilakukan saat bencana kekeringan terjadi, karena masyarakat sangat membutuhkan air bersih," ucapnya.

Baca juga: Persaudaraan 98 Dukung Khofifah-Emil Maju Pilgub Jatim 2024, Ini Alasannya

Menurut Emil, dengan terjadinya bencana kekeringan BPBD dapat menetapkan status siaga. Sehingga dapat digunakan anggaran Bantuan Tidak Terduga (BTT). Selain itu cara lain untuk mengatasi bencana kekeringan dengan memanfaatkan geolistrik di lokasi bencana kekeringan. Ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi potensi sumur dalam.

"Kami sudah lakukan ini dibeberapa daerah, dan ditindak lanjuti dengan membuat sumur," pungkasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Trenggalek

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler