Kunjungi TPS3R di Bangkalan, Cabup Lukman Hakim Cek Kendala Pengelolaan Sampah

Senin, 07 Okt 2024 14:30 WIB
Reporter :
Fathor Rahman
Suasana di TPS3R. (Foto: Agus for jatimnow.com).

jatimnow.com - Pengelolaan sampah di Bangkalan masih banyak dikeluhkan masyarakat. Calon Bupati (Cabup) Bangkalan nomor urut 1 Lukman Hakim berkunjung ke dua Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di Perumahan Lavender dan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) di Jl Halim Perdanakusuma, Senin (7/10/2024).

Lukman mengaku, peninjauan itu dilakukan untuk mengetahui kendala pengelolaan sampah di Bangkalan. Sehingga, jika nantinya ia terpilih menjadi bupati, ia bisa mengetahui apa saja PR yang harus diperbaiki.

"Kami juga memiliki visi misi untuk pengelolaan sampah. Kunjungan ini untuk mengecek apa saja kendala pengelolaannya dan tentu kami butuh masukan dari petugas di lokasi untuk bisa melakukan perbaikan kedepan," ujarnya.

Baca juga: Pasangan ManFaat Respons soal Penggeledahan KPK di Bangkalan

Dari hasil peninjauan itu, Lukman Hakim mengaku ada beberapa hal yang harus mendapat dukungan pemerintah. Salah satunya yakni perbaikan sarana dan prasarana pengelolaan sampah.

Baca juga: Dekati Kaum Muda Bangkalan, Cabup Mathur Gelar Forum Diskusi

"Penting bagi pemerintah untuk berkolaborasi dalam mengatasi masalah sampah yang masih menjadi permasalahan hingga saat ini," imbuhnya.

\

Sementara itu, pengelola TPST, Agus Eka Leandy mengatakan perlu adanya kesadaran masyarakat untuk bijak membuang sampah. Misalnya memilah sampah organik dan anorganik. Sehingga sampah kering bisa didaur ulang sedangkan sampah organik bisa menjadi pupuk.

Baca juga: 9 Janji Politik Paslon Pilbup Bangkalan ManFaat

"Karena permasalahan sampah ini tugas bersama. Masyarakat harus memiliki kesadaran juga untuk lebih peduli terhadap sampah yang dihasilkan. Semakin konsumtif masyarakat, maka sampah yang dihasilkan akan semakin banyak, " pungkasnya. 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Bangkalan

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler