Pertama di Jawa Timur, Immigration Lounge Hadir di Gresik

Jumat, 18 Okt 2024 20:30 WIB
Reporter :
jatimnow.com
Peresmian Immigration Lounge di Gresik. (Foto: Humas Kemenkumham Jatim/jatimnow.com)

jatimnow.com - Jajaran Keimigrasian Kemenkumham Jawa Timur kembali menghadirkan inovasi layanan publik dengan meresmikan Immigration Lounge keempat di Indonesia, tepatnya di lantai 2 Icon Mall Gresik, Jumat (18/10/2024). Immigration Lounge pertama di Jawa Timur ini merupakan unit kerja di bawah Kantor Imigrasi Tanjung Perak, berkolaborasi dengan manajemen Icon Mall Gresik.

“Kemudahan dan akses pengurusan layanan keimigrasian di Mall dan pusat perbelanjaan bukan cuma diminati warga Jakarta dan sekitarnya saja, tapi juga di kota-kota besar lain. Gresik sudah jadi Kawasan Ekonomi Khusus dan juga memiliki kawasan industri sehingga kebutuhan masyarakat akan layanan keimigrasian cukup tinggi,” ujar Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim yang meresmikan Immigration Lounge Icon Mall, Gresik.

Sementara itu, jumlah permohonan paspor perhari di Kantor Imigrasi Tanjung Perak yang wilayah kerjanya meliputi Gresik mencapai 600 orang per hari. Oleh karena itu, dibukanya Immigration Lounge Gresik menjadi alternatif layanan keimigrasian di wilayah Gresik dan sekitarnya.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Jatim Tekankan Deteksi Dini Penyalahgunaan Medsos

Posisi Immigration Lounge yang dekat dengan KEK juga memudahkan warga negara asing (WNA) yang berada di sana untuk mengurus perpanjangan izin tinggal mereka.

“Jumlah WNA di wilayah kerja Kantor Imigrasi Tanjung Perak ada sekitar 3.000 orang dan sebagian besar berdomisili di Gresik, sehingga layanan perpanjangan izin tinggal  sangat bermanfaat,” lanjut Silmy Karim.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik resmi beroperasi melalui Keputusan Ketua Dewan Nasional KEK Nomor 1 Tahun 2022 pada 8 November 2022 dan diproyeksikan mampu menjadi pusat perekonomian baru bagi Provinsi Jawa Timur.

KEK merupakan kebijakan strategis Pemerintah sebagai pengembangan pusat pertumbuhan serta pemerataan ekonomi nasional, serta kawasan industri yang memperbesar penyerapan tenaga kerja di Indonesia.

Baca juga: 34 OBH Terakreditasi Tanda Tangani Kontrak Adendum dengan Kemenkumham Jatim

Kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas dan kemudahan yang dihadirkan bagi investor dalam dan luar negeri. Untuk itu, Immigration Lounge Gresik menyediakan layanan percepatan paspor elektronik dengan jumlah kuota 100 pemohon bagi warga negara Indonesia (WNI) serta layanan perpanjangan visa on arrival (VoA) 50 kuota bagi warga negara asing per hari.

\

Bagi pemohon paspor prioritas (lanjut usia, anak-anak di bawah lima tahun, difabel, ibu hamil) dapat langsung datang (walk-in), tak perlu mendaftar di Aplikasi M-Paspor. Immigration Lounge Gresik beroperasi setiap hari, dari hari Senin hingga Minggu, pukul 10.00 – 17.00 WIB. Immigration Lounge juga menyediakan layanan pengiriman paspor melalui PT Pos Indonesia bagi yang sudah menyelesaikan proses foto dan bermaksud langsung pulang.

Konsep ini merupakan pengembangan dari keberhasilan yang telah diraih di Jakarta. Masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan percepatan paspor di Immigration Lounge Gresik dapat mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi M-Paspor.

Baca juga: Lakukan Pengawasan di Pasuruan, Imigrasi Malang Pastikan Orang Asing Patuhi Aturan

“Inovasi yang baik tentunya akan sama-sama kita dukung untuk diimplementasikan di kantor imigrasi yang lain. Kami berharap kehadiran layanan ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Gresik dan sekitarnya akan layanan keimigrasian yang lebih terjangkau dan mudah,” tutup Silmy.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan pelayanan keimigrasian di Jatim. Harapannya, pelayanan keimigrasian menjadi semakin mudah diakses oleh masyarakat.

"Nantinya di Surabaya, Sidoarjo atau Malang juga harus ada, karena mengingat banyaknya pusat perbelanjaan yang ada sehingga bisa semakin dekat dengan masyarakat," terangnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Gresik

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler