Debat Perdana Pilgub Jatim 2024: Luluk Soroti Kemiskinan, Pengangguran dan Stunting

Jumat, 18 Okt 2024 21:15 WIB
Reporter :
Misbahul Munir
Luluk-Lukman saat debat perdana Pilgub Jatim 2024. (tangkapan layar)

jatimnow.com - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Luluk Nur Hamidah, secara tajam menyinggung masalah kemiskinan, pengangguran, stunting hingga tingginya angka putus sekolah dalam debat perdana Pilgub Jatim 2024 yang digelar, pada Jumat (18/10/2024) malam.

Luluk secara langsung menyampaikan permasalahan ini di hadapan Gubernur petahana, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

Luluk mengungkapkan bahwa Jawa Timur masih menjadi provinsi dengan jumlah penduduk miskin tertinggi di Indonesia. 

Baca juga: Debat Perdana Pilgub Jatim 2024: Risma-Gus Hans Fokus Kampanye Jatim Resik

"Jumlah penduduk miskin di Jawa Timur saat ini tertinggi di Indonesia, dengan lebih dari 1 juta orang yang masih menganggur," tegas Luluk saat menyampaikan pandangannya di depan para peserta debat.

Selain itu, ia juga menyoroti minimnya jumlah pelaku UMKM yang memiliki legalitas formal. Dari 9,6 juta UMKM di Jawa Timur, hanya sekitar 1,5 juta yang sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). 

Baca juga: Kohesi Sosial Lemah: Khofifah Klaim Baik, Luluk Beber Realita, Risma Fokus Ini

Hal ini menurutnya merupakan hambatan bagi para pelaku usaha untuk berkembang lebih jauh dan berkontribusi terhadap perekonomian daerah.

\

Tak hanya itu, Luluk juga mengkritisi bahwa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang seharusnya siap kerja, justru menjadi penyumbang terbesar pengangguran terbuka di Jawa Timur. 

"Anak-anak lulusan SMK, yang seharusnya siap kerja, ternyata menjadi penyumbang terbesar pengangguran terbuka di Jawa Timur," tambahnya.

Baca juga: Debat Perdana Pilgub Jatim 2024: Khofifah - Emil Beber Capaian Selama Menjabat

Luluk menegaskan bahwa pihaknya memiliki tekad dan komitmen untuk membenahi permasalahan ini.

"Kami punya niat dan tekad agar Jawa Timur lebih baik, lebih adil, lebih sejahtera, dan lebih makmur," ucap Luluk dengan penuh keyakinan.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler