Kohesi Sosial Lemah: Khofifah Klaim Baik, Luluk Beber Realita, Risma Fokus Ini

Jumat, 18 Okt 2024 22:21 WIB
Reporter :
Ni'am Kurniawan
3 Calon Gubernur Jatim dalam debat publik perdana (foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

jatimnow.com - Fenomena melemahnya kohesi sosial terjadi di masyarakat, etnis maupun lainnya menjadi salah satu pertanyaan dalam debat perdana Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim). 

Paslon nomor urut 2, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak mengklaim jika kohesi sosial di Jatim sudah bagus.

"Kami ingin mengawali, bahwa kohesivitas sosial di Jatim sangat baik, karena ormas juga memberikan siraman di antara seluruh anggota organisasinya seperti shalawatan," kata Khofifah.

Baca juga: Debat Perdana Pilgub Jatim 2024: Risma-Gus Hans Fokus Kampanye Jatim Resik

Namun ia tak memungkiri ada tantangan lain. Makin hari, gadget makin menguasai keseharian masyarakat sehingga perlu upaya menguatkan interaksi sosial. 

"Manusia adalah makhluk sosial, bukan makhluk soliter," kata Khofifah.

Klaim Khofifah itu ditanggapi paslon nomor urut 1, Luluk Nur Hamidah - Lukmanul Khakim. Luluk mengatakan, fenomena melemahnya kohesi sosial di masyarakat yang menimbulkan masalah serius ini dapat diatasi dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila.

"Sistem menerapkan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika akan memberikan jalan keluar terbaik untuk problem yang terkait dengan kohesi sosial ini," ungkap Luluk.

Luluk mencatat, 40 persen konflik sosial terjadi di perkotaan dan sering kali diakibatkan oleh ketimpangan ekonomi, kedisharmonisan, serta faktor kemiskinan.

Luluk menekankan pentingnya kolaborasi antara lintas agama, lintas budaya, dan komunitas. 

"Oleh karena itu, penting kolaborasi antara lintas agama, lintas budaya, komunitas, dan bahkan program kolaborasi serta sekolah inklusi," jelasnya.

Ia juga mengusulkan dialog komunitas untuk menjaga harmoni di masyarakat. Sebagai upaya pencegahan meleburnya kultur masyarakat.

"Dialog komunitas untuk menjaga harmoni sangat penting di Jawa Timur, karena kita adalah masyarakat yang multi-kultural. Maka, jangan sampai keberagaman ini menimbulkan disharmoni di tengah masyarakat kita," tegasnya.

Dengan pendekatan ini, Luluk berharap dapat mendorong terciptanya masyarakat yang lebih harmonis dan inklusif. 

"Mari kita jadikan Pancasila sebagai pedoman dalam hidup bermasyarakat, agar keharmonisan dan keutuhan masyarakat di Jawa Timur dapat terjaga," tegas Luluk.

Baca juga: Debat Perdana Pilgub Jatim 2024: Khofifah - Emil Beber Capaian Selama Menjabat

Sementara itu, paslon nomor urut 3, Tri Rismaharini - Zahrul Azhar Asumta menyampaikan jika kohesi sosial berkaitan dengan ketahanan sosial. Jika kuat, maka akan berdampak pada penguatan dan ketahanan ekonomi.

\

Risma juga menyebut, jika penguatan wawasan kebangsaan sangat penting. 

"Wawasan kebangsaan, ini kita harus pahami bahwa berbeda itu indah. Pembentukan kelompok bersama juga penting," katanya.

Khofifah pun kembali menanggapi respons dua paslon tersebut. Ia menyebut Indeks Kinerja Utama (IKU), Indeks Gini Ratio dan Thiel selama kepemimpinannya bersama Emil tercatat sangat positif. 

Kesenjangan antara desa dan kota bisa ditekan dan selama kepemimpinannya bahkan mengalami proses penyempitan. 

Begitu pula dialog multikultur, hanya di Jatim ada Asrama Mahasiswa Nusantara dan Jatim paling banyak menerima afirmasi dari anak-anak Papua melalui Program Jatim Adem. 

Diketahui, ketiga pasangan calon mengikuti debat publik kesatu Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024 di Graha Unesa Surabaya, Jumat (18/10/2024). 

Baca juga: Debat Perdana Pilgub Jatim 2024: Luluk Soroti Kemiskinan, Pengangguran dan Stunting

Tema debat publik kali ini adalah Transformasi Sosial dan Peningkatan Produktivitas Sumber Daya Lokal untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur. Adapun sub temanya adalah daya saing dan nilai tambah ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian demografi, kemiskinan dan kesenjangan. Selanjutnya adalah masyarakat digital, ketahanan sosial serta penguatan budaya dan identitas lokal. Tujuh panelis dari unsur akademisi menguji visi misi dan gagasan para pasangan calon alias paslon berdasarkan tema itu.

Diketahui sebelumnya, debat perdana ini terbagi dalam enam segmen. Pada segmen pertama ketiga paslon menyampaikan visi-misi terkait tema debat. Segmen kedua dan ketiga adalah pendalaman visi-misi.

Selanjutnya, pada segmen keempat dan kelima ada saling tanya jawab antarpaslon. Terakhir di segmen keenam debat diakhiri closing statement masing-masing paslon.

Dari tema dan sub tema itu panelis merumuskan sejumlah pertanyaan kekinian dengan situasi dan kondisi saat ini di lapangan terkait kesejahteraan warga, kemiskinan, hingga SDM.

Debat perdana ini juga dikawal oleh tujuh panelis, meliputi Prof. Achmad Muhibin Zuhri dari UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Muhammad Syarif dari Universitas Trunojoyo Madura, serta Adhitya Wardhono dari Universitas Jember. 

Panelis lainnya termasuk Dr. Sasongko Budisusetyo dari Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya, Dr. Ahmad Imron Rozuli dari Universitas Brawijaya Malang, dr. Hidayatullah dari Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo, dan Dr. Rina Wahyu Setyaningrum dari Universitas Muhammadiyah Malang.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler