5 Tips Mencuci Pakaian Rajut Biar Tidak Rusak

Sabtu, 19 Okt 2024 11:38 WIB
Reporter :
jatimnow.com

jatimnow.comSweater dan cardigan memiliki tekstur dan bahan yang lebih sensitif dibandingkan material lainnya. Untuk itulah, kamu perlu berhati-hati dalam merawat baju rajut. Bila tidak, pakaian ini mudah melar, mengerut, bahkan rusak. Nah, agar pakaian rajut kamu tetap awet, perhatikan lima hal berikut ini.

1. Cuci dengan air dingin
Hindari mencuci baju ini dengan air panas karena dapat membuat serat rajutan mengendur dan melar. Lebih baik gunakan air dingin dengan suhu sekitar 30 derajat celcius. Jadinya, warna baju tidak pudar dan tetap cerah.  

2. Gunakan deterjen yang lembut
Pastikan juga kamu memakai deterjen lembut yang memang khusus untuk pakaian halus. Cara lainnya adalah memakai deterjen bayi yang lebih ringan di kain. Selain itu, gunakan deterjen secukupnya agar pakaian tetap bersih tanpa merusak teksturnya.

Baca juga: Komunitas Aleza Woman Kediri, Ngomongin Fesyen hingga Rumah Tangga

3. Hindari mencucinya memakai mesin cuci
Mesin cuci bisa membuat pakaian rajut tertarik dan kehilangan bentuk aslinya. Jadi, pastikan kamu mencucinya dengan tangan. Cukup rendam sebentar dengan air dan deterjen lembut. Lalu, gosok perlahan di area yang kotor dan bilas memakai air dingin. Terakhir, remas dengan pelan-pelan supaya tidak merusak bentuknya.  

Baca juga: Karung Pupuk Bekas Tampil Memukau di Jember Fashion Carnaval 2024

4. Keringkan dengan  hati-hati
Jangan pernah meremas pakaian rajut karena bisa membuat seratnya rusak dan melar. Setelah dibilas, cukup tekan dengan lembut memakai  handuk untuk menghilangkan sisa air. Kemudian, gantung di atas jemuran pakaian dan letakkan di tempat yang teduh. Hindari menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

\

5. Lebih baik lipat daripada menggantung
Pastikan kamu tidak menggantung pakaian rajut karena bisa membuatnya melar. Kamu dapat melipat baju rajut dengan rapi dan simpan di dalam kotak penyimpanan. Lalu, letakkan di bagian atas atau bawah lemari, terutama kalau kamu jarang memakainya.

Baca juga: Koleksi Sarimbit Lebaran Bermotif Sejarah Islam yang Memikat Hati

Itu dia tips mencuci baju rajut dengan benar. Kamu bisa membeli perlengkapan mencuci dan menjemur pakaian hanya di ruparupa. Di sini, kamu juga dapat belanja perlengkapan rumah tangga lainnya, termasuk  lampu taman, alat masak, serta kursi dan meja lipat.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler