KAI Daop 9 Jember Ganti Bantalan Kayu dengan Sintetis

Senin, 21 Okt 2024 17:52 WIB
Reporter :
Sugianto
Petugas KAI Daop 9 Jember mengganti bantalan kayu dengan sintetis (Foto: Humas KAI Daop 9 Jember)

jatimnow.com - PT KAI Daop 9 Jember mengganti bantalan kayu dengan bantalan sintetis. Alasannya, untuk melestarikan alam dan memberi kenyamanan terhadap penumpang, serta meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api.

Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro menyampaikan, hingga saat ini KAI Daop 9 Jember memakai tiga jenis bantalan rel, yakni bantalan kayu, besi dan beton.

Mayoritas di wilayah Daop 9 Jember menggunakan bantalan beton, sedangkan bantalan besi digunakan pada jalur simpan dan bantalan kayu digunakan pada wesel (pemindahan jalur) dan jembatan.

Baca juga: Terobos Palang Pintu Kereta Api, 4 Pengendara di Jember Langsung Ditilang

“Tahun 2024, KAI Daop 9 Jember mendatangkan 1.654 batang bantalan rel sintetis guna menggantikan bantalan kayu yang selama ini masih banyak digunakan pada jembatan-jembatan kereta api,” sebutnya.

Kualitas Bantalan Sintetis

Bantalan sintetis merupakan teknologi yang sudah dikembangkan dan diterapkan di perkeretaapian Jepang sejak tahun 1980.

Memilih bantalan sintetis menggantikan bantalan kayu, karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya mampu meredam, tetapi tahan terhadap semua bahan kimia, seperti oli dan solar.

Baca juga: KAI Daop 9 Jember Kembali Operasikan Kereta Api Mutiara Timur, ini Rutenya

Selain itu, perawatan mudah dengan biaya lebih rendah, memiliki usia pakai lebih dari 50 tahun serta dapat di daur ulang.

\

“Selama ini jembatan kereta api yang menggunakan rangka baja, KAI masih menggunakan bantalan kayu untuk meredam getaran dan kebisingan saat dilalui kereta api. Bertahap, bantalan kayu akan digantikan dengan bantalan sintetis,” ungkapnya.

Bantalan rel memiliki fungsi yang sangat vital dalam menunjang keselamatan perjalanan kereta api.

Baca juga: Pagelaran JFC, Kereta Api Tujuan Jember Bakal Dapat Diskon

Fungsi bantalan rel diantaranya, untuk menjaga lebar rel tidak berubah, meredam getaran dan suara, menjaga keseimbangan serta membagi beban kereta api ke tanah, sehingga tidak menimbulkan kerusakan tanah.

“Sejak pertengahan 2022 hingga Oktober 2024, di wilayah Daop 9 Jember terdapat 44 jembatan kereta api yang sudah dilakukan penggantian, total bantalan sintetis yang digunakan sebanyak 2.512 batang,” imbuhnya.

Dengan penggunaan bantalan sintetis, selain keselamatan perjalananan kereta api yang meningkat, juga menambah kenyamanan para penumpang karena kebisingan saat melalui jembatan juga akan berkurang.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Jember

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler