Duduk di Komisi X DPR RI, Lita Machfud Arifin Perjuangkan Pemerataan Pendidikan

Rabu, 23 Okt 2024 11:40 WIB
Reporter :
Misbahul Munir
Anggota DPR RI asal dapil 1 Jawa Timur, Lita Machfud Arifin. (Foto : Humas NasDem)

jatimnow.com - Anggota DPR RI asal Dapil 1 Jawa Timur, Lita Machfud Arifin (LMA) mendapatkan mandat untuk duduk di Komisi X DPR yang membidangi pendidikan, kebudayaan, olahraga, sains dan teknologi.

"Saya ditugaskan oleh pimpinan fraksi untuk di Komisi X yang membidangi bidang pendidikan, kebudayaan dan olahraga. Sebagai kader yang mendapat tugas, maka kami akan berupaya untuk semaksimal mungkin bekerja sesuai dengan penugasan dan arahan tersebut," ujar Lita, Rabu (23/10/2024).

Lita menjelaskan Komisi X DPR akan bertanggung jawab membidangi pendidikan, kebudayaan, olahraga, sains dan teknologi.

Baca juga: DPW NasDem Jatim Dukung Penuh Pasangan Rahmad di Pilbup Bondowoso

Adapun untuk mitra kerja dari Komisi X yakni, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi, Kementerian Kebudayaan, Kemenpora, Perpusnas, BPS dan BRIN.

"Terkait dengan mitra kerja yang ada di Komisi X mengalami perubahan. (Yakni) pada bidang pendidikan, yang semula Kemendikbudristek menjadi Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah serta Kkementerian Pendidikan Tinggi, Science dan Teknologi, serta Kementerian Kebudayaan," terangnya.

"Adanya perubahan ini tentunya akan berpengaruh pada kebijakan dan program pemerintah yang akan mengalami perubahan juga," sambungnya.

Dalam debut pertamanya, Ketua DPW NasDem Jatim itu bakal consern pada persoalan pendidikan utamanya guru honorer dan pemerataan pendidikan.

Baca juga: NasDem Tancap Gas Menangkan Khofifah - Emil di Pilgub Jatim

"Di bidang pendidikan kami akan mengawal terkait permasalahan kebutuhan guru yang belum seimbang dan merata, serta pendapatan guru. Terutama (guru) yang honorer (terlebih) yang tidak sesuai dengan beban kerjanya. Juga penyelesaikan status guru honorer yang belum selesai," ujar Lita.

\

Lita Machfud Arifin berkomitmen bakal bekerja dengan maksimal untuk mengawal program kebijakan pemerintahan sesuai dengan bidang kinerja di Komisi X.

"Selain itu juga ada rencana program makan siang gratis bagi siswa yang salah satu tujuannya untuk pemenuhan gizi anak sekolah. Kami berkomitmen untuk memastikan pemerataan kesejahteraan guru dan gizi anak sekolah, sehingga mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia dapat meningkat," sambungnya.

Lita berharap dimasa pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dapat membawa perubahan yang signifikan, terutama dalam pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Machfud - Lita, Pasutri yang Dilantik DPR RI dari Partai Nasdem

"Setelah saya mendengar secara langsung pidato pertama Presiden Prabowo, tentang keberpihakan terhadap wong cilik mudah-mudahan dapat terlaksana dengan baik," tambahnya.

"Secara umum, pemerintahan baru ini diharapkan dapat membawa perubahan signifikan terutama pada pertumbuhan ekonomi. Ketimpangan pendapatan dan akses sumber daya ekonomi yang signifikan, membutuhkan pengembangan kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan mengurangi kesenjangan antara kelompok ekonomi masyarakat," pungkas Lita Machfud Arifin.



Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler