Pimpinan DPRD Jatim Dilantik, Pj Gubernur Adhy: Tancap Gas APBD 2025

Kamis, 24 Okt 2024 19:35 WIB
Reporter :
Ni'am Kurniawan
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menghadiri Rapat Paripurna DPRD Jawa Timur. (Foto: Pemprov Jatim/jatimnow.com)

jatimnow.com - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menghadiri Rapat Paripurna DPRD Jawa Timur dalam rangka pengambilan sumpah dan janji pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Jawa Timur masa jabatan 2024-2029 di Gedung DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya, Kamis (24/10/2024).

Pengambilan sumpah atau janji pimpinan DPRD Jatim ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kemendagri No. 100.2.1.4-4319 Tahun 2024 dan No. 100.2.1.4-4326 Tahun 2024 Tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. 

Adapun Pimpinan DPRD Jatim saat ini dijabat oleh M. Musyafak sebagai Ketua, dan empat orang lainnya sebagai Wakil Ketua, masing-masing Deni Wicaksono, Hidayat, Blegur Prijanggono serta Sri Wahyuni.

Baca juga: Jatim Digifest Digelar di Tuban, Indikator Digitalisasi Segala Sektor

"Selamat kepada pimpinan DPRD Jatim yang tadi sudah diambil sumpah dan janjinya," kata Adhy Karyono usai menghadiri Rapat Paripurna.

Adhy menyampaikan optimisme tahapan-tahapan perencanaan APBD Jatim Tahun Anggaran 2025 akan bisa dituntaskan dalam waktu dekat. Pasalnya dalam rapat paripurna kali ini alat kelengkapan DPRD Jatim juga telah ditetapkan.

"Kita hemat satu hari ini dan kita langsung bisa menyusun rencana jadwal dengan bamus dan bisa menyusun melanjutkan untuk tahapan perencanaan anggaran 2025," ucapnya.

Baca juga: Pesan Pj Gubernur Jatim di Momen Puncak Peringatan Haornas

Penetapan pimpinan DPRD Jatim beserta kelengkapannya menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kelancaran dari proses perencanaan APBD Pemprov Jatim tahun 2025. Pasalnya anggaran untuk tahun selanjutnya akan ditetapkan setiap tanggal 10 November.

\

"Kita bisa menyelesaikan dan tentu anggota baru bisa ikut menyusun dengan tenang dan dalam waktu yang limitnya masih cukup," kata Adhy.

Adhy menegaskan Pemprov Jatim telah menentukan prioritas pembangunan yang memang dalam sudah tertuang dalam RPJMD maupun RKP 2025. Selain itu Pemprov Jatim juga sudah membahas program-program baru termasuk mengantisipasi program-program dan kebijakan dari Pemerintah Pusat dengan Presiden yang baru.

Baca juga: KPK Geledah Dinas Peternakan Pemprov Jatim

"Mudah-mudahan pembahasan berikutnya lebih mengerucut lagi intinya bagaimana dukungan anggaran kita untuk program-program prioritas yang langsung berdampak pada masyarakat di bidang kesehatan pendidikan sosial itu yang penting," jelasnya.

Selain pengambilan sumpah atau janji Pimpinan DPRD Provinsi Jawa Timur masa jabatan 2024-2029, agenda Rapat Paripurna DPRD Jatim lainnya yaitu Penyampaian Laporan Tim Penyusunan Rancangan Peraturan DPRD Prov Jawa Timur tentang Tata Tertib DPRD, Pengumuman Pembentukan Fraksi.

Lalu Rapat Paripurna dengan agenda Pembentukan Komisi, Badan Anggaran, Badan Musyawarah dan Badan Pembentukan Perda DPRD Provinsi Jawa Timur, Pembentukan Badan Kehormatan DPRD Provinsi Jawa Timur, Pengumuman Pimpinan Alat Kelengkapan DPRD Provinsi Jawa Timur. 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler