Lambung Bocor, KMP Tunu Pratama Jaya 3888 Nyaris Tenggelam

Jumat, 08 Feb 2019 15:42 WIB
Reporter :
Hafiluddin Ahmad
KMP Tunu Pratama Jaya 3888

jatimnow.com - Kapal Motor Penumpang (KMP) Tunu Pratama Jaya 3888 nyaris tenggelam disebabkan lambung kapal bocor akibat tersenggol rump door KMP Liputan XII.

Beruntung dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa karena seluruh penumpang dan kendaraan yang diangkut dapat diturunkan kembali dan dipindahkan ke armada lainnya.

Kepala KSOP Tanjung Wangi Agus Winartono mengatakan pihaknya khawatir dengan keselamatan para pengguna jasa pelayaran.

Baca juga: Tabrakan Kapal di Perairan Gresik, Tim Penyelam Dikerahkan Cari 5 ABK

"Dikhawatirkan pula, armada kapal tersebut tenggelam seiring dengan masuknya air laut ke dalam kapal melalui lambung yang bocor," kata Kepala KSOP Tanjung Wangi Agus Winartono.

Kejadian awal KMP Tunu Pratama Jaya 3888 yang dinahkodai Mufidul Anam tengah melakukan pemuatan penumpang dan kendaraan bermotor, Jumat (8/2/2019) dini hari.

Disaat bersamaan, datang KMP Liputan XII dari arah Pelabuhan Gilimanuk Bali dan hendak sandar melakukan bongkar muatan.

Baca juga: KM Tanto Bersinar Tabrak Kapal Tug Boat di Perairan Surabaya-Gresik

"Seharusnya KMP Liputan XII dinahkodai Yusuf, namun diduga karena ada satu permasalahan maka digantikan Zainul selaku Mualim 1," ujarnya.

\

Agus menduga insiden tersebut dipicu oleh gelombang tinggi dini hari tadi, sehingga Zainal selaku Mualim 1 yang saat itu menggantikan nakhoda tidak dapat menguasai kapal.

Secara bersamaan, KMP Liputan XII juga mengalami pergeseran, sehingga rump door-nya menabrak lambung KMP Tunu Pratama Jaya 3888, sehingga menyebabkan kebocoran tersebut.

Baca juga: Photo Talk: Kapal Nyaris Tenggelam di Pelabuhan Ketapang

Saat ini, KMP Liputan XII dan KMP Tunu Pratama Jaya 3888 telah dipindahkan untuk dilakukan perbaikan di sisi selatan dermaga LCM.

 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Banyuwangi

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler