Makamkan Jenazah Pasien Covid-19 Tanpa Prokes, 18 Orang di Ponorogo Diswab

Selasa, 08 Jun 2021 15:52 WIB
Reporter :
Mita Kusuma
Ilustrasi tes swab (Foto: Dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - 18 warga di Desa Pondok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo menjalani tes swab antigen, Selasa (8/6/2021). Tes swab dilakukan setelah salah satu warga setempat yang menjadi pasien Covid-19 meninggal.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ponorogo, Agus Pramono mengatakan, pasien yang terkonfirmasi Covid-19 di desa tersebut awalnya tidak mau dirawat ataupun isolasi mandiri.

"Kemudian pasien Covid-19 itu meninggal dunia dan dimakamkan dengan cara biasa, tanpa menggunakan protokol kesehatan (prokes)," ujar Agus, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Muncul Lagi Subvarian Omicron Baru BA.2.75

Setelah mendapat informasi itu, Dinas Kesehatan Ponorogo langsung melakukan tracking dan tracing dengan hasil ada 3 keluarga dekat yang terkonfirmasi Covid-19.

Baca juga: PKK Jatim dan Unicef Berkolaborasi Geber Imunisasi Anak Pascapandemi

"Tim melakukan tracking lagi. Hari ini kami lakukan swab semua, ada 18 orang," bebernya.

\

Hasilnya, lanjut Agus, ada satu warga yang positif Covid-19. Dengan temuan itu dia berharap kasus Covid-19 di Desa Pondok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo tidak meluas. Sehingga tidak terjadi klaster baru di Bumi Reog.

Baca juga: Polda Jatim Gandeng Mahasiswa Kedokteran Sasar Vaksinasi Pada Remaja

"Hari ini hasilnya ada satu orang positif Covid-19. Bisa saja bertambah, tapi kami harap tidak. Biar tidak membludak kasus di Ponorogo," sambung pria yang juga menjabat sebagai Sekda Ponorogo tersebut.

Hingga hari ini tercatat 4.204 orang terkonfirmasi Covid-19 di Ponorogo. Dari jumlah itu, pasien yang sembuh 3.684 orang, meninggal 427 dan kasus aktif 93 pasien.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Ponorogo

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler