Harlah ke-96 NU

Anwar Sadad Ingin NU Hidupkan Spirit Tashwirul Afkar

Senin, 31 Jan 2022 19:19 WIB
Reporter :
Ni'am Kurniawan
Wakil Ketua DPRD Jati, Anwar Sadad saat bersama PMII Bondowoso

Bondowoso - Berbagai cara dilakukan warga nahdliyin memperingati Hari Lahir Nahdlatul Ulama (Harlah NU). Tahun ini, NU berulang tahun ke-96 menurut kalender masehi.

NU lahir 31 Januari 1926. Sedangkan menurut kalender hijriyah, bulan depan, tepatnya 16 Rajab, NU akan memperingati hari lahir ke-99.

Meskipun anggaran dasar menetapkan hari lahir mengacu pada kalender hijriyah, tak sedikit warga nahdliyin menjadikan hari lahir secara masehi sebagai momentum untuk diperingati.

Baca juga: Suara Nahdliyin Penentu Kemenangan di Pilkada Sidoarjo 2024

Beragam cara dilakukan tokoh NU dalam memperingati Harlah NU, salah satunya yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad. Dia memilih menjadi pembicara dalam diskusi pelatihan organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Bondowoso.

Sadad mengatakan, momentum hari lahir NU harus dimaknai kembali pada spirit kelahirannya.

Baca juga: Respons Gus Ipul saat Dijuluki Makelar oleh Cak Imin

"Terutama spirit sebagai gerakan pemikiran. Hal ini dibuktikan dangan pembentukan Tashwirul Afkar (potret pemikiran) oleh tokoh-tokoh yang kemudian melahirkan NU," tutur Sadad, Senin (31/1/2022).

\

Sadad meminta kepada generasi NU menjadi generasi yang tangguh, memiliki daya saing dan bisa menjawab tantangan zaman.

"Mahasiswa NU sebagai insan akademik harus bisa merefleksikan spirit Tashwirul Afkar dalam menjawab tantangan zaman," ungkap Ketua Partai Gerindra Jatim tersebut.

Baca juga: NU - Muhammadiyah Duduk Satu Meja Bahas Pilpres 2024, Mayoritas Dukung Siapa?

Usai sesi diskusi, Sadad juga mengajak peserta diskusi doa bersama dikhususkan para pendiri NU, dilanjutkan menyanyikan lagu Syubbanul Wathon dan ditutup dengan pemotongan tumpeng.

Pada momen ini, PBNU juga mengadakan pengukuhan kepengurusan hasil Muktamar Lampung di Kota Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim) hari ini.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Bondowoso

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler