18 Kabupaten/Kota di Jatim Sudah Rampungkan Rekapitulasi Data C dan C1

Jumat, 29 Jun 2018 14:30 WIB
Reporter :
Erwin Yohanes, Arry Saputra
Komisioner KPU Jatim Divisi Teknik Muhammad Arbayanto.

jatimnow.com - Dua hari setelah pemungutan suara Pilgub, KPU Jatim telah menerima 94,66 persen data C dan C1 dari KPU kabupaten/kota. Tercatat telah ada 18 kabupaten/kota yang telah menyelesaikan rekapitulasi data C dan C1 100 persen.

"Masih ada 20 kabupaten/kota lain yang belum tuntas menyetor data. Bahkan ada 3 kabupaten/kota yang masih dibawah 50 persen," terang Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis Muhammad Arbayanto.

Arbayanto menjelaskan ada 3 kabupaten/kota yang jumlah rekapitulasinya dibawah 50 persen. D ata yang seharusnya sudah rampung terunggah di Sistem Informasi Penghitungan (Situng) KPU Jatim, belum selesai dientri karena KPU kabupaten/kota kekurangan personel dan alat scan.

Baca juga: Jatim Sumbang 16,7 Juta Suara untuk Prabowo-Gibran, Gus Fawait: Itu Kejutan!

"Itu menurut keterangan teman-teman KPU Bangkalan. Tapi data C dan C1 nya sudah ada di kantor KPU masing-masing. Tinggal uploadnya yang susah," ujar Arba saat ditemui di kantor KPU Jatim, Jalan Tenggilis No 1, Jumat (29/6/2018).

Arba mengatakan ada satu pengecualian untuk situng, yaitu di kabupaten Sumenep. Meskipun data di Situng telah mencapai 70 persen, Arba menerangkan bahwa C dan C1 kabupaten Sumenep belum lengkap berada di kantor KPU.

Baca juga: Caleg Lolos Dapil 12 DPRD Jatim, Hanya 3 Incumbent Bertahan

Data yang belum tiba ini berasal dari Kecamatan Masalembu. "Kabarnya terkendala cuaca. Gelombangnya di sana masih tinggi," terangnya.

\

Informasi publik berupa Situng oleh KPU lebih akurat dari hasil hitung cepat lembaga survey. Karena data tersebut berasal dari data C dan C1 dari masing-masing TPS.

"Situng hanya informasi publik. Hasil resmi akan tetap berpatokan pada hitung manual yang dimulai kemarin (28/6/2018)," pungkasnya.

Baca juga: Rekapitulasi KPU Jatim untuk Pilpres Tuntas, Ini Hasilnya

Reporter: Arry Saputra

Editor: Erwin Yohanes

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler