Peserta Wonderfull Sail to Indonesia 2022 Mulai Datang di Pulau Bawean

Senin, 10 Okt 2022 18:16 WIB
Reporter :
Sahlul Fahmi
Wonderfull Sail to Indonesia digelar di Pulau Bawean (Foto: Warga Bawean)

jatimnow.com - Beberapa peserta Wonderfull Sail to Indonesia (WSTI) 2022 mulai berdatangan ke Pulau Bawean.

Kapal-kapal yacht yang mereka tumpangi terlihat di dekat Pantai Labuhan, Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.

Tahun ini, Pulau Bawean memang kembali ditunjuk pihak penyelenggara sebagai salah satu tempat tujuan dan anchor point WSTI 2022. Momen ini sangat bermanfaat untuk mendongkrak popularitas pariwisata di pulau yang dijuluki sebagai Pulau Putri itu.

Baca juga: Pengiriman Bantuan Korban Gempa Bawean Tertahan di Lamongan

Karena itu, tak heran jika masyarakat setempat menyambut perhelatan nasional yang diikuti oleh yachter nasional maupun internasional. Dengan sukarela mereka gotong royong membersihkan Pantai Labuhan yang menjadi tempat digelarnya WSTI 2022 kali ini.

Salah satu relawan Bumdes Kecamatan Tambak, Supaji Alatas mengatakan, dalam event ini pihaknya bersama para pelaku UMKM mendirikan stand. Mereka akan menjual produk makanan, minuman dan kerajinan khas Bawean.

"Nanti ada lima stand yang sudah bekerja sama dengan para relawan, dan para pelaku UMKM Bumdes," ungkap Supaji, Senin (10/10/2022).

Baca juga: Pj Gubernur Jatim Terima Bantuan 1000 Baja Ringan untuk Warga Bawean

Dia juga mengungkapkan jika nantinya ada sekitar 30 kapal yacht yang singgah di Pantai Labuhan, Pulau Bawean.

\

"Semua yachter akan berkumpul tanggal 11 Oktober," ujarnya.

Sementara Kepala Desa Tanjungori, Nur Ahli menjelaskan bahwa Pantai Labuhan kali ini memjadi tuan rumah. Nantinya pada 13 Oktober akan disemarakkan dengan berbagai hiburan seperti pencak silat, tari dan kesenian Bawean.

Baca juga: DPRD Jatim Apresiasi Gerak Cepat Penanganan Korban Gempa di Bawean

"Perhelatan Wonderfull Sail to Indonesia di Bawean ini sudah digelar untuk ketiga kalinya, yakni Tahun 2018, 2019 dan 2022 ini," ujar Nur Ahli.

Adapun rute awal Wonderfull Sail to Indonesia 2022 dimulai dari Kepulauan Kei, Banda, Ambon, Tifu, Wakatobi, Pulau Wajo, Baubau di Pulau Buton, Muna Barat, Labuhan Bajo, Sumbawa, Lombok Utara, Lovina di Bali Utara, Pulau Bawean, Kumai, Pulau Belitung, Penuba, dan berakhir di Pulau Benan, Lingga, dan Kepulauan Riau.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Gresik

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler