Ini Barang Bukti Hasil Penangkapan Maling Kabel Milik KAI Daops 8

Selasa, 25 Okt 2022 13:57 WIB
Reporter :
Farizal Tito
Unit Jatanras Polrestabes membekuk pelaku pencurian kabel milik PT KAI Daops 8 yang merupakan residivis. (foto: Polrestabes for jatimnow.com)

jatimnow.com - Sejumlah barang bukti ditemukan pihak kepolisian setelah menangkap terduga pelaku berinisial MS (45), pelaku pencurian kabel milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 8.

Barang bukti itu identik dengan yang dikenakan pelaku saat melakukan percobaan pencurian kabel. Temuan tersebut meliputi Honda PCX warna putih, baju kotak-kotak, topi warna hijau, dan celana pendek jeans warna biru.

Menurut Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Mirzal Maulana, sejumlah barang bukti tersebut identik dengan ciri-ciri pelaku. Pakaian dan sarana yang dikenakan terduga pelaku saat melancarkan aksinya sama dengan temuan.

Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya Pastikan Jalur Kereta Api Aman Pasca-Gempa Tuban

Ia menambahkan jika pelaku merupakan residivis yang disergap di rumahnya, Jalan Tambak Dalam Utama Gang Buntu, Kecamatan Asemrowo, Surabaya Senin (24/10/2022) malam.

"Setelah melakukan penyelidikan, Unit Jatanras menangkap pelaku di rumahnya. Pelaku ditangkap saat bangun tidur, tidak ada perlawanan dari penangkapan itu," kata Mirzal dalam keterangannya.

Baca juga: Daftar 11 Kereta Tambahan Arus Mudik Lebaran Idul Fitri 2024

Berdasarkan hasil penelusuran, pelaku merupakan residivis yang pernah berurusan dengan hukum.

\

"MS merupakan seorang residivis dan pernah ditahan Polsek Sukomanunggal terkait kepemilikan senjata tajam," tandasnya.

Baca juga: Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Angkutan Lebaran 2024

Aksi MS yang diduga telah memotong kabel, menggulung, dan hendak membawanya, diketahui warga setempat. Salah satu bukti adalah peredaran video berdurasi hampir dua menit, yang belakangan sempat viral.

Saat itu dia sedang mengendarai Honda PCX dengan stiker Real Madrid. Saat itu, ia hendak mencuri satu rol kabel di perlintasan kereta api, Jalan A Yani sisi frontage Siwalankerto, Surabaya. Aksi itu terekam dan tersebar di media sosial pada Jum'at (21/10/2022).

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler