Harga Kebutuhan Pokok Naik, Pemkab Lamongan Jelaskan Alasannya

Senin, 26 Des 2022 11:12 WIB
Reporter :
Adyad Ammy Iffansah
Salah satu pedagang kebutuhan pokok di Pasar Sidoharjo, Lamongan. (foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Harga sejumlah komoditas kebutuhan pangan di Kabupaten Lamongan mulai merangkak naik memasuki libur Natal dan tahun baru.

Salah satu komoditas yang naik cukup signifikan adalah cabai merah yang berkisar Rp7 ribu sampai Rp10 ribu. Dari pantauan di pasar Sidoharjo Lamongan harga cabai rawit di angka Rp 50 ribu per kilogram.

"Selain itu, cabai besar juga mengalami kenaikan harga berkisar Rp5 ribu di angka Rp25 ribu per kilogram, kondisi ini terjadi seiring datangnya musim hujan yang memengaruhi panen," ungkap Kapala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lamongan, Anang Taufik, Senin (26/12/2022).

Baca juga: Stok Bahan Pokok Jelang Nataru Aman, Warga Jatim Tak Perlu Panik

Dari pantauan di empat pasar induk di Lamongan, ;lanjut Anang, Pasar Sidoharjo, Pasar Babat, Pasar Blimbing, dan Pasar Mantup mengalami hal yang sama.

Baca juga: Lahan Produksi Pangan di Tulungagung Susut Ribuan Hektare

Adapun harga telur ayam yang belakangan tengah diresahkan ibu-ibu masih bertahan diharga Rp28 ribu sampai Rp30 ribu per kilogram.

\

"Harga terlur ini disebabkan harga pakan ayam yang naik signifikan," ujarnya.

Baca juga: Harga Telur Ayam Tembus Rp30 Ribu per Kilogram, Pedagang di Jombang Sambat

Meski demikian, Anang menyebut stok seluruh bahan pokok bisa mencukupi permintaan pasar saat Nataru maupun pasca-Nataru.

"Kalau stok masih aman, kami juga telah berkoordinasi dengan satgas pangan Lamongan mengantisipasi adanya kelangkaan stok,"paparnya.

 
Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Lamongan

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler