Hak Suara Napi dan Pekerja Mall di Surabaya pada Pemilu 2024 Terancam Hilang

Senin, 29 Mei 2023 20:45 WIB
Reporter :
Ni'am Kurniawan
Audiensi Komisi A DPRD Surabaya dan KPU (foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

jatimnow.com - Ketua Komisi A DPRD Surabaya Pertiwi Ayu Krishna, mempertanyakan teknis pencoblosan hak suara pemilih yang bekerja di luar kota. Salah satunya pekerja mall Surabaya.

Menurut Ayu, hingga saat ini, belum ada perumusan dari KPU Surabaya untuk menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus, bagi pemilih yang merantau atau pekerja yang tetap bekerja saat masa libur, sehingga hak suara mereka terancam hilang.

"Bagaimana dengan yang bekerja di mall, mereka nyoblos di mana," tanya Ayu, saat audiensi dengan KPU, di Kantor DPRD Suabaya, Jalan Yos Sudarso, Senin (29/5/2023).

Baca juga: Pendaftar PPK di Surabaya Tembus 500 Lebih, Baru Dibuka 3 Hari

Menurut dia, selama ini mayoritas pekerja mall lebih memilih golput karena saat masa libur pekerja mall tetap masuk bekerja.

Baca juga: Kecamatan di Surabaya Ini Paling Molor Serahkan Rekap Suara ke KPU, Ada Apa?

"Ini yang dikeluhkan dari yang lalu sampai saat ini. Itu semua ngeluh seperti itu, kita enggak bakal milih siapa siapa, karena kami tidak bisa punya libur," kata Ayu.

\

Menanggapi hal itu, Komisioner KPU Surabaya Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Nafilah menjelaskan alasan KPU belum menyiapkan TPS khusus karena jumlah pemilih berubah terus.

Baca juga: Beredar Nama Caleg Lolos, KPU Surabaya: Rekapitulasi Belum Selesai

Begitupun, hak coblos narapidana yang ada di lapas, yang jumlahnya tak pernah pasti setiap waktunya. Sehingga, pihak kepolisian pun tak mengajukan TPS khusus bagi napi di lapas. "Termasuk dengan rumah sakit," imbuh Nafilah.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler