Dispora Lamongan Gelar Festival Olahraga Wadahi Potensi Pelajar Disabilitas

Senin, 20 Mei 2024 12:55 WIB
Reporter :
Adyad Ammy Iffansah
Para pemenang lomba festival olahraga disabilitas Dispora Lamongan. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lamongan menggelar festival perlombaan untuk kalangan pelajar disabilitas.

Kegiatan ini masuk agenda rutin tahunan dengan tujuan utama untuk menumbuhkan jiwa kompetitif para pelajar SLB semua tingkatan pendidikan se-kabupaten Lamongan.

Kepala Dispora Lamongan, Erwin Sulistya Pambudi mengungkapkan bahwa festival olahraga menjadi jembatan bagi para penyandang disabilitas untuk bisa berkembang dan berprestasi meski dalam keterbatasan.

Baca juga: Pemkab Jember Pastikan Tidak Kekurangan Bibit Pemain usai Gelar Festival Drumben

"Kegiatan ini diikuti 116 peserta dari 9 lembaga pendidikan mulai dari SDLB, SMPLB, SMALB, harapan kami semoga kedepan ada even yang lebih besar," ungkap Erwin, Senin (20/5/2024).

Dijelaskan Erwin, meski sempat vakum selama 1 tahun, festival ini kembali digelar dengan alasan pembinaan potensi dan wadah komunikasi pendidikan disabilitas.

Baca juga: Stadion Surajaya Lamongan Dianggarkan Rp300 M, Ground Breaking Mulai Bulan Depan

"Kedepan bagi pelajar berprestasi akan diwadahi dan yang potensinya akan dikembangkan ke arah perlombaan atau menjadi altel resmi khusus disabilitas," ujarnya.

\

Adapun cabor yang diperlombakan antara lain lempar turbo, lempar sasaran dan boccia, lompat jauh, dan catur.

Baca juga: Dispora Pastikan 46 Botol Diduga Miras oleh Kepolisian Adalah Eco Enzim Obat PMK

"Dispora berkeinginan sekali untuk membangkitkan olahraga, kan sudah ada olahraga prestasi yang kita ikut Porprov, PON maupun yang lain lah ini selain ajang silaturahmi juga kami ingin menjaring mencari bibit bibit atlet berprestasi dari disabilitas," urainya.



Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Lamongan

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler