Spesifikasi dan Tugas Walpri yang Disiapkan Mengawal Pilbup Bojonegoro

Rabu, 25 Sep 2024 17:10 WIB
Reporter :
Misbahul Munir
Wakapolres Bojonegoro Kompol David Manurung saat serahkan personel walpri untuk mengamankan penyelenggara dan peserta Pemilu. (Foto: Humas Polres Bojonegoro/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sebanyak 20 personel Polres Bojonegoro disiapkan sebagai pengawal pribadi (Walpri) bagi penyelenggara dan peserta Pilbup Bojonegoro 2024. Seperti apa spesifikasi dan tugas mereka?

Wakapolres Bojonegoro, Kompol David Manurung menyampaikan sebagai antisipasi kerawanan pada pelaksanaan Pilkada 2024, Polres Bojonegoro membentuk Tim Walpri untuk mengawal Ketua KPU, Bawaslu dan paslon Bupati dan Wakil Bupati. 

Ada sebanyak 20 personel terdiri dari 4 personel Polwan dan 16 personel Polisi. Personel terebut telah mengikuti pelatihan tingkat Polda Jatim dan siap mengamankan paslon Bupati dan Wakil Bupati serta ketua KPUD dan ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro.

Baca juga: KIM Plus di Pilbup Bojonegoro 2024, Teguh - Farida: Penentunya Suara Rakyat

“Siap mengawal selama 1x24 jam," ujar David, pada Rabu (25/9/2024). 

Selanjutnya para walpri tersebut, kata David akan melekat dan mengamankan kepada ketua KPU, ketua Bawaslu dan masing-masing paslon Bupati-Wakil Bupati.

Baca juga: Pilbup Bojonegoro 2024, Wahono - Nurul: Nomor Urut 2 Cerminan Kemenangan

Menurutnya para personel walpri memiliki peran strategis dalam memastikan keamanan selama tahapan Pilkada serentak 2024, terutama saat kampanye dan kegiatan publik lainnya.

\

“Tidak hanya fisik tapi juga kecermatan dan kewaspadaan yang tinggi perlu dimiliki oleh personel Walpri," tambahnya. 

Baca juga: Makna Nomor Urut bagi Paslon 1 Bojonegoro: Bersatu Kita Teguh

David juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Bojonegoro untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan masing-masing selama gelaran pesta demokrasi berlangsung.

“Kami juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terpancing oleh provokasi atau berita hoaks yang dapat memecah belah persatuan. Tetaplah waspada, jaga persaudaraan. Mari bersama-sama kita wujudkan Pemilukada yang aman, damai, dan sukses untuk masa depan Kabupaten Bojonegoro,” pungkasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Bojonegoro

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler