Pembangunan Surabaya Waterfront Land, Eri Cahyadi Janji Pertahankan Lingkungan

Kamis, 17 Okt 2024 09:56 WIB
Reporter :
Misbahul Munir
Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

jatimnow.com - Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berjanji bakal tetap menjaga kelestarian lingkungan dan berpihak kepada para nelayan di pesisir Kota Pahlawan bila terpilih kembali menjadi Wali Kota Surabaya.

Hal tersebut disampaikan Eri dalam debat publik yang diselenggarakan oleh KPU Kota Surabaya pada rabu (16/10/2024) malam.

Dalam debat tersebut, Eri ditanya mengenai komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan yang dikaitkan dengan rencana proyek strategis nasional (PSN) Surabaya Waterfront Land.

Baca juga: Perjuangan Wahidiyah dan Ponpes Kedunglo Dukung Deny - Mudawamah di Pilbup Kediri

Di moment tersebut Eri menjelaskan sesuai dengan Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah disebutkan bahwa perizinan pesisir sepanjang 12 Mil bukan merupakan tanggung jawab Pemkot Surabaya.

Dalam hal ini, Eri menyampaikan bahwa jika ia terpilih nanti akan tetap mempertahankan dan menjaga lingkungan yang ada di pesisir Surabaya.

"Tapi yakinlah ketika kami menjadi wali kota Surabaya. Maka kami akan mempertahankan ruang terbuka hijau di Kota Surabaya. Apa itu? Mangrove. Hutan mangrove akan tetap kami pertahanankan, karena dari hutan mangrove mampu menangkal dari abrasi dan dari banjir, serta mempertahankan biota flora dan faunanya," jawab Eri.

"Caranya seperti apa, kita jadikan hutan mangrove sebagai tempat wisata untuk menjaganya. Sehingga bisa kita katakan sebagai green ekonomi, disana UMKM dapat bergerak," sambungnya.

Baca juga: Nyai Bad Bersama Nawaning di Kabupaten Kediri Dukung Mas Dhito - Mbak Dewi

Selain itu, Eri juga berjanji bakal memperhatikan nasib para nelayan yang tinggal dan mencari nafkah di wilayah pesisir Surabaya.

\

"Di pesisir ada saudara kita para nelayan, kita sangat bangga betul dengan perjuangan mereka, kita juga memberikan bantuan kepada mereka. Dengan memberikan bantuan berupa perahu yang terbuat dari fiber glass. Bahkan kami juga membuka stasiun pengisian bahan bakar khusus nelayan agar mendapatkan BBM subsidi," bebernya.

Sementara itu, Eri juga menunjukkan bukti nyata komitmennya terhadap kepedulian lingkungan.

Baca juga: Parpol Perkuat Strategi Menangkan Pasangan ManFaat di Pilbup Bangkalan

"Selain itu kami juga mengolah sampah menjadi energi, serta mempertahankan ruang terbuka hijau yang ada serta penggunaan kendaraan listrik, Ini adalah wujud komitmen kami dalam menjaga lingkungan," tambahnya.

Disisi lain, untuk menunjang kebutuhan akan transportasi umum, pihaknya juga bekerja sama dengan pemerintah daerah sekitar Surabaya. Ia juga berencana bakal membangun ART sebagai moda angkutan masal yang ramah lingkungan.

"Intinya pembangunan apa pun di Surabaya, yang mengenai masyarakat harus memberikan manfaat bagi masyarakat Surabaya," tutupnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler