Khofifah Komitmen Bangun Hilirisasi Perikanan di Banyuwangi

Selasa, 22 Okt 2024 18:05 WIB
Reporter :
Ni'am Kurniawan
Peluk haru buruh pabrik Banyuwangi bertemu Cagub Jatim Khofifah (Ni'am/jatimnow.com)

jatimnow.com - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua Khofifah Indar Parawansa berkomitmen akan membangun hilirisasi perikanan untuk menambah kesejahteraan masyarakat Banyuwangi

Hal tersebut ia ungkapkan saat berkunjung ke dua pabrik pengolahan ikan di Pabrik PT. Pacific Harvest Indonesia dan PT Sumber Yala Samudera di Kabupaten Banyuwangi, Senin (21/10/2024). 

Di dua pabrik sarden ikan tersebut, Khofifah mendorong agar sektor industri lebih aktif, menyerap ikan hasil tangkap lokal demi mengungkit kesejahteraan masyarakat nelayan di Kabupaten Banyuwangi. 

Baca juga: Prabowo-Gibran Dilantik, Khofifah: Kami Optimis Indonesia Lebih Maju

Dengan memaksimalkan penyerapan ikan nelayan lokal, maka diharapkan nilai tukar nelayan Banyuwangi dan Jatim akan terus meningkat yang berarti kesejahteraan nelayan juga meningkat. 

"Kita terus mendorong bagaimana hilirisasi sektor perikanan bisa terbangun. Karena celah untuk memberikan nilai tambah pada ikan hasil tangkap nelayan adalah dengan cara pengolahan yang ada di sektor hilir,” ungkap Khofifah.

"Di dua pabrik ini, ikan hasil tangkapan nelayan diolah menjadi sarden. Kita berharap industri ini semakin berkembang sehingga menghasilkan produk-produk olahan ikan yang beragam sehingga bisa menyerap lebih banyak ikan hasil tangkapan nelayan,” imbuh Khofifah. 

Tidak hanya itu, dalam kesempatan ini, Khofifah juga menyampaikan bahwa hasil perikanan tangkap di Jawa Timur adalah yang tertinggi secara nasional melebihi wilayah-wilayah di Timur Indonesia. 

Total produksi perikanan tangkap di Jawa Timur tahun 2023 mencapai 590.685,8 Ton. Di Jatim, komoditas unggulan perikanan tangkap ada dua yakni tongkol dengan hasil produksi mencapai 65.532,3 Ton dan lemuru dengan hasil produksi mencapai 79.952,3 Ton.

Baca juga: Luluk Tanya ke Khofifah di Debat Pilgub Jatim 2024: Bu, Madura Masih Jawa Timur Nggak?

\

"Ini adalah hasil kerja keras para nelayan Jawa Timur yang luar biasa. Tak hanya perikanan tangkap Jatim yang tertinggi. Tapi juga produksi padi kita tertinggi nasional empat tahun berturut-turut, produksi sapi daging sapi kita juga tertinggi nasional,” kata Khofifah.

"Jadi kalau ada yang bilang Jawa Timur masih begini-begini saja, tolong para nelayan, para petani dan para peternak Jatim, tetap sabar dan semangat dan maafkan mereka,” imbuhnya. 

Ke depan, pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan perhatian pada nelayan Jawa Timur dengan membantu pertumbuhan hilirisasi perikanan. Dengan harapan semakin menyejahterakan para nelayan dan menghidupkan ekonomi Jawa Timur.

Baca juga: Kunjungi Pabrik Mie Sidoarjo, Khofifah Bahas Kuota Sekolah Anak Buruh

Di sisi lain, saat kunjungan di dua pabrik sarden ini, Khofifah begitu hangat disambut para pekerja. Tak hanya dielukan, namun Khofifah juga didoakan agar sukses kembali menjabat Gubernur Jawa Timur.

Khofifah pun mengajak para pekerja untuk bershalawat bersama. Pasalnya mereka adalah para tulang punggung pejuang kesejahteraan keluarga. 

"Semoga semua sehat. Sehat lahirnya, sehat batinnya, sehat dompetnya,” kata Khofifah disambut amin oleh ribuan pekerja yang hadir.

"Jangan lupa tanggal 27 November 2024 datang ke TPS, coblos nomor 2,” pungkasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Banyuwangi

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler