3 Hakim PN Surabaya yang Bebaskan Ronald Tanur Ditetapkan Tersangka

Rabu, 23 Okt 2024 20:45 WIB
Reporter :
Misbahul Munir
Kajati Jatim Mia Amiati. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

jatimnow.com - Tiga Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap atau gratifikasi dalam penanganan perkara penganiayaan berujung kematian dengan terdakwa Ronald Tanur.. 

"Ini kan sudah penyidikan. Kalau sudah dilakukan penyidikan berarti ya sudah ditetapkan tersangka," ujar Kajati Jatim Mia Amiati, rabu (23/10/2024). 

Menurutnya tiga orang hakim tersebut saat ini menjalani pemeriksaan oleh Tim Penyidik Kejagung. Mereka diperiksa terkait kasus dugaan suap atau gratifikasi pada saat penangan kasus penganiayaan berujung kematian dengan terdakwa Ronald Tanur terhadap kekasihnya Dini Sera Afriyanti.

Baca juga: 5 Lokasi Penyimpanan Suap 3 Hakim PN Surabaya, Pecahan Ringgit - Dolar Amerika

"Saat ini dilakukan pengamanan terhadap tiga orang (hakim) diduga menerima suap, gratifikasi terkait penanganan perkara Ronald Tanur. Ketiga orang tersebut saat ini tengah menjalani pemeriksaan oleh tim Kejaksaan Agung," bebernya.

Baca juga: Peran Pengacara Ronald Tannur yang Menyeret 3 Hakim PN Surabaya jadi Tersangka

Sementara itu, disinggung lebih jauh mengenai detil siapa saja yang ditahan, Mia mengaku tidak bisa memberikan informasi lengkap lantaran bukan menjadi ranahnya untuk menjawab. 

\

"Untuk informasi lengkapnya, nanti akan disampaikan langsung oleh tim dari Kejagung. Kami disini hanya memfasilitasi," tambahnya. 

Baca juga: 3 Hakim PN Surabaya Ditangkap Penyidik Kejagung, Dugaan Suap Kasus Ronald Tanur

Sementara itu berdasarkan informasi yang dihimpun ketahui ketiga hakim yang diperiksa yakni, Erintuah Damanik, Mangapul, dan Heru Hanindyo. 

Ketiganya merupakan eks hakim yeng memberikan vonis bebas terhadap Ronald Tanur yang menjadi terdakwa dalam kasus penganiayaan berujung kematian terhadap kekasihnya Dini Sera Afriyanti.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler