Klarifikasi Pihak Perumahan di Jember, Dinilai Rusak Rumah Warga Tanpa Perizinan

Sabtu, 26 Okt 2024 08:32 WIB
Reporter :
Sugianto
Direktur PT Arjuna Muda Mandiri memberikan klarifikasi (Foto: Sugianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - PT Arjuna Muda Properti selaku developer memberikan tanggapan terkait pembangunan perumahan di Kelurahan Kebon Agung, Kecamatan Kaliwates Jember yang dinilai berdampak merusak rumah warga dan belum mengantongi izin.

Direktur PT Arjuna Muda Properti, Pandu Satrio Nugroho menyampaikan, dari awal info itu tidak benar, pihaknya sudah memeriksa rumah Abdus Salam yang dikatakan rusak, tapi pihak pemilik rumah malah melarangnya masuk.

"Tidak benar jika kami tidak memiliki itikad baik. Dari awal, kami langsung konfirmasi ke yang bersangkutan," katanya, Jumat (25/10/2024).

Baca juga: Cagub Risma Bakal Bikin Terowongan Jember - Banyuwangi, Kurangi Kepadatan Jalur Gumitir

Menurut Pandu, pihaknya melakukan normalisasi untuk jalan berdasarkan kesepakatan warga dan sudah membeli lahan tersebut untuk kepentingan bersama.

Awalnya satu meter, karena warga meminta untuk dilebarkan sebagai akses, lalu dilakukan normalisasi. Termasuk saluran air sebagai akses masuk alat berat, juga telah dinormalisasi.

"Lalu diklaim oleh Pak Abdus Salam, berdampak ke rumahnya. Kalau jalan tidak masuk ke kawasan izin, tidak ada di peta izin yang kita urus jalan itu," terangnya.

Terkait rumah warga yang berdampak debu, pihaknya belum mendapat konfirmasi dari warga, namun pihaknya telah berkomunikasi dan memberikan kompensasi kepada warga.

Terkait tudingan pembangunan perumahan yang belum ada izin, Pandu menegaskan semua izin sudah ada, namun ada beberapa yang masih dalam proses.

Baca juga: Dinas Sosial Jember akan Tertibkan Warga Pemberi Uang ke PMKS

"Pengerjaan perumahan kita sesuai aturan, saya tidak mau melangkahi aturan yang ada. Warga sudah dikumpulkan, saya komunikasi ke warga terkait pembangunan dan petani sukarela tanahnya kita beli," urainya.

\

Bahkan pengakuan Pandu, pihaknya telah mengumpulkan warga, termasuk Pak Salam menyetujui pembangunan perumahan tersebut, yang dibuktikan tanda tangan hingga berita acara.

"Hubungan kami dengan warga dan petani tidak masalah, bahkan Pak Salam juga menghadiri persetujuan perumahan. Termasuk ke Ketua RT/RW kami komunikasi," tegasnya.

Sebelumnya, aktivitas pembangunan Perumahan di Kelurahan Kebon Agung, Kecamatan Kaliwates, Jember membuat warga sekitar geram. Warga mengeluhkan temboknya mengalami retak-retak.

Baca juga: Satpol PP Jember Gelar Razia, 23 PMKS dan Motor Diamankan

"Yang pasti saya paling dirugikan, dan saya menduga proyek ini tidak punya izin, saya sendiri tidak pernah dimintai tanda tangan," kata Abdus Salam warga setempat, Jumat (13/9/2024) lalu.

Menurutnya, pihak pengembang dari PT Arjuna Muda Mandiri Property tidak memiliki itikad baik karena tak mau memberi ganti rugi.

Ia meyakini, keretakan beberapa tembok rumahnya bersama warga di tersebut karena pengoperasian alat berat, dampak dari getaran hingga senggolan, dengan temboknya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Jember

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler