Cawabup Djoko Susanto Siapkan Konsep Strategis Ketahanan di Jember

Minggu, 27 Okt 2024 15:00 WIB
Reporter :
Sugianto
Gus Fawait - Djoko Susanto memaparkan ketahanan pangan dalam debat pertama. (Foto: Sugianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Calon wakil bupati Jember nomor urut 2 Djoko Susanto menyiapkan konsep dan strategi untuk meningkatkan ketahanan pangan di Jember.

Hal tersebut disampaikan pendamping Gus Fawait saat debat pertama di New Sari Utama Jember, Sabtu malam (26/10/2024).

Sebagai kabupaten yang merupakan salah satu memiliki kekayaan alam yang luar biasa secara nasional, Djoko akan memanfaatkan pertanian yang ada.

Baca juga: Debat Pilkada Jember: Hendy Tanya Kopi di Tema Kesehatan, Fawait Tersenyum

Menurutnya, ketahanan pangan bisa dilakukan melalui modernisasi sektor pertanian dengan konsep corporate farming dan pendekatan spasial.

Corporate farming merupakan solusi inovatif yang bertujuan mengonsolidasikan lahan-lahan pertanian menjadi hamparan yang luas, hingga mempermudah penerapan teknologi pertanian modern.

“Sehingga pendekatan perindustrian pertanian akan dengan setan mudah dilakukan," kata Djoko.

Baca juga: Debat Pilkada Jember: Ini Penjelasan Fawait dan Hendy soal Gumuk

Konsep lain yang ia soroti adalah pengembangan pertanian spasial, yang berarti penanaman komoditas tertentu pada wilayah yang sesuai dengan karakteristik tanah dan iklimnya.

\

Pertanian spasial ini bertujuan, untuk mendapatkan keanekaragaman pangan. Dengan pendekatan pertanian spasial, komoditas tertentu akan ditanam pada daerah tertentu, sesuai kesuburan tanah.

Seperti Desa Klungkung dan Bintoro, yang merupakan dataran tinggi sangat cocok untuk komoditas hortikultura, sedangkan wilayah lain seperti Puger dan Ambulu cocok untuk komoditas padi.

Baca juga: Persiapan Gus Fawait Jelang Debat Pilkada Jember, Lha Kok Santai?

Dengan ini, ia optimistis mencapai swasembada pangan, serta menjadi pemasok utama komoditas pertanian di tingkat nasional.

Djoko menekankan, sektor pertanian harus ditempatkan sebagai prioritas dalam pembangunan daerah, mengingat potensinya Jember sangat besar.

"Dengan konsep tersebut, kami yakin akan menjadikan Jember sebagai lumbung pangan nasional dan mensejahterakan masyarakat," pungkasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Jember

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler