Video: Plesir ke Keraton Sumenep, Ikan Keramat dan Legenda Taman Sare

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

jatimnow.com - Keraton Sumenep itu dibangun pada tahun 1762 yang arsiteknya adalah Cina bernama“Laupiango”. Kini keraton tersebut dijadikan museum dan terbuka untuk wisatawan.

Di timur pendopo keraton adalah “Taman Sare” yang merupakan pemandian Putri Kuning atau Koneng bernama asli “Dewi Zaini”.

Mengapa dinamakan putri kuning karena kulitnya kuning. Dewi Zaini merupakan istri dari Raja Adipoday memiliki dua anak yang bernama Joko Tole dan Joko Edi. Dan Joko Tole merupakan Raja ke-13 yang terkenal karena berperang dengan Cina “Sampolang dan Sampoabong”. Berperang di atas langit, Joko Tole berperang menggunakan kuda terbang mangkanya lambang Sumenep adalah kuda terbang.

Taman Sare dibuat pada abad ke-14 yang merupakan buatan dari Dewi Zaini atau Putri Koneng. Di kolamnya Taman Sare terdapat kolam yang berisi ikan. Ikan tersebut konon keramat. Bagi yang mengambil ikan dari Taman Sare bisa celaka.

Taman Sare memiliki 3 tangga yaitu tangga pertama dipercaya berkhasiat untuk awet mudah, mudah dapat jodoh, dan cepat mempunyai keturunan.

Tangga kedua dipercaya berkhasiat untuk menambah karir, pangkat,dan jabatan. Serta yang tangga ketiga dipercaya berkhasiat untuk menambah keimanan, ketaqwaan dan kepercayaan.

(Video Journalist: Budi Sugiharto :: Video Editor: Reiffia S. Dwiyoto)

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter