BPOM Nyatakan Ikan Makarel Banyuwangi Aman Dikonsumsi

Jumat, 13 Apr 2018 19:40 WIB
Reporter :
Erwin Yohanes
Rombongan BPOM saat memantau proses pengolahan ikan makarel

jatimnow.com - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Perindustrian meninjau pabrik pengolahan ikan makarel di Banyuwangi. Hasilnya ikan mackerel kalengan dinyatakan aman dikonsumsi.

Kepala BPOM RI, Penny Lukito mengatakan, setelah melakukan audit secara komprehensif bersama seluruh lintas sektor memantau setiap titik-titik produksi sudah sesuai dengan ketentuan yang ada.

"Mulai dari pengasapan, manajemen kualitas sudah dipenuhi semua dan saya kira sudah tidak perlu lagi dipermasalahkan, dipertanyakan. Setelah kemarin kita melindungi konsumen sekarang kita melindungi pelaku usaha dengan produknya yang aman, bermutu, bernutrisi, dan aman dimakan," kata Penny di CV Pacific Harvest Muncar, Jumat (13/4/2018).

Baca juga: BPOM Curigai Ikan Asin di Pasar di Ponorogo Mengandung Formalin

Kepala BPOM, Penny Lukito memberikan buku kepada CV Pacific Harvest

Untuk itu, pihaknya berharap kepada masyarakat untuk tidak perlu lagi mengkhawatirkan kandungan parasit cacing seperti yang ditemukan di bulan lalu.

Baca juga: Gerebek Dua Toko Obat di Surabaya, BBPOM Sita 780 Obat Ilegal

"Sudah tidak perlu khawatir mengkonsumsi ikan makarel setelah kemarin itu (temuan parasit cacing- red), sekarang sudah bisa dikonsumsi lagi," tukas Penny setelah mencicipi ikan makarel kemasan kaleng.

\

Sementara itu, Kepada Bagian Marketing CV Pacific Harvest, Sherly mengatakan, setelah adanya temuan parasit cacing dalam salah satu produknya yang diketahui bermerek Gaga Mackerel Tomato & Chili Sauce ratusan karyawannya tidak lagi bekerja.

"Tapi setelah bu Penny inspeksi beberapa waktu yang lalu, minggu kemarin karyawan kami sudah kembali bekerja," katanya.

Baca juga: Wow! BBPOM Temukan 7 Makanan Kaleng Mengandung Cacing Parasit di Jatim

Reporter: Hafiluddin Ahmad
Editor: Erwin Yohanes

 

Tags :
Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler