Simak Rekayasa Lalu Lintas saat Kirab Pusaka 2024 di Ponorogo

Sabtu, 06 Jul 2024 10:45 WIB
Reporter :
Ahmad Fauzani
Rekaya lalu lintas Grebek Suro di Ponorogo. (Instagram)

jatimnow.com - Kirab pusaka bakal digelar Sabtu (6/7/2024) sore di Ponorogo. Ini menjadi salah satu acara pada rangkaian grebeg suro yang ditunggu.

Dalam kirab ini, tiga pusaka akan diarak dari kota lama (Setono, Jenangan, Ponorogo) menuju kota baru (Ponorogo kota). Juga ditambah 2 pusaka baru.

Biasanya, acara ini menarik banyak warga yang berkerumun di sepanjang jalan. Satlantas Polres Ponorogo pun melakukan rekayasa lalu lintas di sepanjang jalan yang dilalui kirab pusaka.

Baca juga: Kisah Inspiratif Aries Photo, Fotografer dan Konten Kreator asal Ponorogo

“Kami lakukan pengaturan arus lalu lintas terkait giat kirab lintas sejarah dan jamasan pusaka Kabupaten Ponorogo, besok Sabtu 6 Juli 2024,” ungkap Kasatlantas Polres Ponorogo, AKP Jumianto Nugroho, Sabtu (6/7/2024).

Dia menjelaskan ada beberapa rekayasa lalu lintas yang dilakukan, serta penempatan personel agar warga luar Ponorogo tidak kaget ketika dialihkan arusnya.

“Yang jelas, sepanjang jalur kirab tidak diperbolehkan ada kendaraan. Mulai dari Jalan Niken Gandini ke barat hingga Jalan Batoro Katong,” terangnya.

Kemudian dari Jalan Batoro Katong ke timur ke Jalan K.H Ahmad Dahlan, lalu dari perempatan Pasar Legi ke Jalan HOS Cokroaminoto.

Baca juga: Cagub Jatim Risma di Ponorogo Disambati Jaminan Kesehatan Lansia

“Lalu ke Jalan Jendral Sudirman. Dan terakhir di area alun-alun Ponorogo. Berlaku mulai pukul 12.00WIB, namun fleksibel juga sebenarnya. Jika masih sepi mungkin bisa dilintasi. Tapi hindari saja yang saya sebut tadi,” pungkasnya.

\

Daftar Lengkap Rekayasa Lalu Lintas:

Rekayasa lalu lintas dari arah Trenggalek - Ponorogo, Madiun, dan Purwantoro Wonogiri, kendaraan diarahkan ke Jalan Gatot Subroto - Jalan Diponegoro - pecah di simpang 4 Tambakbayan.

Dari arah Madiun menuju Pacitan, Trenggalek, dan Purwantoro Wonogiri, kendaraan besar diarahkan ke arah Keniten, pecah di simpang 4 Tambakbayan.

Baca juga: Dulu Sempat Tenar, Batik Ponorogo Riwayatmu Kini

Dari arah Sedah Mlilir yang melewati jalur Ngrupit, kendaraan besar diarahkan lewat jalur Pabrik Es, lanjut ke Tambak Bayan; untuk kendaraan kecil diarahkan lurus sewelut, lanjut jembatan Borang, tekuk kiri masuk ke Jalan Singajaya, tembus sebelah selatan perempatan Pasar Pon (sebelah utara Pak Legowo).

Dari arah selatan Jeruksing, IAIN Ponorogo, yang menuju ke Madiun, kendaraan diarahkan lewat jembatan Borang, sewelut, terminal Mlilir arah Madiun.

Dari arah selatan (Pacitan - Trenggalek) yang menuju ke Madiun, melewati jalur khusus Jalan Ahmad Yani, dilewatkan Tonatan, Jeruksing, STAIN, pertigaan sebelah selatan Pasar Pon, lanjut jembatan Borang - sewelut - terminal Mlilir.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Ponorogo

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler