Warga Ingatkan KPU Kabupaten Kediri Netral saat Pilkada 2024

Kamis, 19 Sep 2024 17:20 WIB
Reporter :
jatimnow.com
Audiensi FKKM di KPU Kabupaten Kediri. (Foto: FKKM/jatimnow.com)

jatimnow.com - Belasan warga Kabupaten Kediri, yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kediri Maju (FKKM) mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Kamis (19/9/2024).

Mereka bermaksud untuk memberikan pesan moral kepada jajaran komisioner KPU Kabupaten Kediri, agar bekerja secara netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ini.

Sebagai fungsi kontrol, mereka menginginkan sikap tegas, serta independensi dari jajaran komisioner untuk menciptakan iklim serta penyelenggaran demokrasi yang baik dan bersih.

Baca juga: Sekda Ponorogo Ingatkan ASN untuk Netral: Jangan Coba Masuk Politik Praktis!

"Kami berharap mereka dapat bekerja secara netral, dan tidak ada kecondongan maupun terpengaruh oleh salah satu kandidat calon," kata perwakilan FKKM, Andik Harianto.

Lebih lanjut, Andik menilai audiensi ini sebagai langkah penting, seiring dugaan pelanggaran netralitas ASN yang terjadi di Kabupaten Kediri. Dia pun berharap KPU tegas menyikapi hal yang juga tengah ditangani oleh Bawaslu tersebut.

Baca juga: Bawaslu Kediri Terima Laporan soal Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

"Sebagai masyarakat yang juga bertugas sebagai lembaga kontrol, kami berharap KPU dapat tegas menyikapi kejadian yang ada, dan bekerja sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan," ungkapnya.

\

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Nanang Qosim yang turut menemui sejumlah warga, berterimakasih atas dukungan untuk KPU Kabupaten Kediri.

Menurut Nanang Qosim, kedatangan mereka ini pada intinya ingin meyakinkan, bahwa KPU dapat berkomitmen dan berintegritas sesuai dengan apa yang harus dilakukan sebagai petugas penyelenggara pemilihan.

Baca juga: Ingatkan Netralitas ASN di Pilkada, Pemkab Tulungagung Siapkan Sanksi Berat

"Maka kami memastikan, bahwa kami dilantik di bawah sumpah, dan integritas kami juga dipastikan dengan sumpah dan dibubuhi tanda tangan begitu juga dengan badan adhoc kami, dan juga PPK serta PPS. Yang jelas, kami akan bekerja sebaik mungkin, dan sesuai dengan apa yang menjadi kewenangan kami," ujarnya.

"Begitupun dengan laporan mereka, maka sesuai dengan kewenangan kami, kami telah berkoordinasi dengan Bawaslu," tandasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Kediri

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler