Lift JPO Jalan Pemuda Surabaya Sengaja Dibakar, Imbalannya Rokok

Selasa, 08 Okt 2024 17:49 WIB
Reporter :
Misbahul Munir
JPO di Jalan Pemuda Surabaya (foto: Munir/jatimnow.com)

jatimnow.com - Insiden kebakaran lift Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Pemuda, dekat delta plaza Surabaya disebut akibat ulah bocah suruhan yang sengaja merusak panel listrik.

Hal tersebut terungkap berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh PT Warna Warni selaku penyewa dan mengelola lift JPO yang berada di Jalan Pemuda

Humas PT Warna Warni Dinar Aisyah mengungkapkan bahwa berdasarkan investigasi internal. Pihanya menemukan ada tindak perusakan yang dilakukan oleh bocah berinisial MI (15 tahun).

Baca juga: Kenali Perilaku Anak yang Sudah Merokok, Jangan Sampai Prestasinya Terenggut

Pelaku terekam jelas dari kamera pengawas atau CCTV tengah melakukan upaya pengerusakan panel kontrol lift.

Dalam rekaman bocah tersebut melakukan berbagai upaya perusakan mulai dari aksinya mengganjal pintu lift hingga membakar kertas bungkus rokok di dalam panel kontrol lift.

"Serangkaian tindakan tersebut, mengakibatkan lift JPO di Jalan Pemuda sisi Delta Plaza Surabaya itu pun terbakar,” kata Dinar, Selasa (8/10/2024).

Dari temuan tersebut, pihaknya juga melakukan penelusuran lebih jauh dan memperoleh temuan baru yakni bocah tersebut (pelaku) juga melakukan upaya pengerusakkan kembali pada lift di depan RRI.

Baca juga: Kilas Berita Hot: Jimat Semar Mesem hingga Misteri Perusakan Pompa Air

Setelah diamankan, bocah tersebut mengaku, disuruh oleh seseorang berinisial A untuk merusak atau membakar lift JPO tersebut.

\

"Sebelum terjadinya kebakaran terduga pelaku dan orang berinisial A ini telah bertemu secara dua hari berturut-turut yang menyuruh survei naik turun. Saat kami interogasi, imbalannya katanya diberikan rokok,” ucapnya.

Saat ini, kata Dinar, kasus tersebut telah dilaporkan dan menyerahkan pelaku ke Polsek Genteng untuk proses hukum lebih lanjut. Ia berharap polisi dapat mengungkap dan menangkap otak dari pembakaran tersebut.

Baca juga: Rokok Rambah Dunia Anak, KPAI Desak Pengesahan RUU Periklanan

"Kami sudah laporkan ke Polsek Genteng. Untuk selanjutnya Polsek Genteng lebih berwenang,” tutupnya.

Sebelumnya, Lift di jembatan penyeberangan orang (JPO) delta plaza Surabaya terbakar hebat pada sabtu (5/10/2024) pagi. Diduga kebakaran tersebut dipicu lantaran konsleting listrik.

Peristiwa terbakarnya lift tersebut terekam oleh masyarakat yang tengah beraktivitas lari pagi. Dalam video rekaman tersebut terlihat api berkobar di bagian atas JPO hingga menjalar kebagian bawah. Terlihat pula kepulan asap membumbung tinggi akibat kebakaran tersebut.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler