DPRD Jatim: Seleksi Jabatan di Pemprov Harus Sesuai Kompetensi

Rabu, 16 Okt 2024 08:26 WIB
Reporter :
jatimnow.com
Freddy Poernomo. (Foto: Humas DPRD Jatim)

jatimnow.com - DPRD Jatim memberi perhatian pada pengisian jabatan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama harus mempertimbangkan transparansi dan kompetensi.

Anggota DPRD Jatim, Freddy Poernomo mendesak agar proses seleksi tidak hanya formalitas, melainkan benar-benar memperhatikan kapabilitas calon pejabat. Terpenting adalah harus sesuai kompetensinya.

"Khususnya untuk jabatan strategis seperti di biro hukum, harus diisi orang yang punya keahlian di bidang tersebut. Idealnya, minimal bergelar doktor. Jangan sampai ada pejabat yang ditempatkan di posisi yang tidak sesuai dengan latar belakangnya,” kata Freddy, Rabu (16/10/2024).

Baca juga: Ini Cara Anggota DPRD Agus Wicaksono Dorong Produktivitas Petani Lumajang

Pria yang juga pakar hukum pemerintahan ini menyoroti fenomena mutasi jabatan yang kerap tidak linier. Contohnya seorang kepala dinas perikanan yang dipindahkan ke dinas pariwisata.

Baca juga: Ketua Sementara DPRD Jatim Ajak Sambut Pilkada dengan Seneng Bareng

"Ini jelas tidak sinkron. Jabatan-jabatan tersebut memerlukan kompetensi spesifik. Jika tidak sesuai, kinerja OPD akan terganggu," tegas politisi Fraksi Golkar ini.

\

Freddy juga mengusulkan agar panitia seleksi (Pansel) tidak bersifat permanen dengan personel yang itu-itu saja.

Baca juga: DPRD Jatim Minta Evaluasi RPMK Pengamanan Produk Tembakau dan Rokok Elektronik

"Harus ada perubahan personel di Pansel agar seleksi berjalan lebih segar dan objektif. Kita tidak ingin Pansel yang didominasi orang-orang lama, yang akhirnya tidak netral," jelasnya.

 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler